Home MotoGP MotoGP Pincang, Ada Apa di Balik Peraturan Dorna Saat Ini?

    MotoGP Pincang, Ada Apa di Balik Peraturan Dorna Saat Ini?

    SHARE
    MotoGP Pincang, Ada Apa Dengan Peraturan Dorna Saat Ini?
    MotoGP Pincang, Ada Apa Dengan Peraturan Dorna Saat Ini?

    Berbagai peraturan MotoGP sekarang tampak pincang, seperti peraturan penambahan bobot motor pada RC213V pada awal musim menjelang Test resmi Sepang lalu. Padahal seperti yang dikatakan Shuhei Nakamoto, Honda telah menyiapkan paket RC213V selama satu tahun penuh pada 2011, tapi Dorna mengacaukan semuaya dengan peraturan mendadak untuk menambahkan bobot motor menjadi lebih berat pada RC213V menjelang Tes Pra-Musim.

    Wakil Presiden HRC tersebut menambahkan, “semua pengembangan RC213V menjadi sia-sia karena peraturan baru tentang penambahan bobot motor tersebut. Jelas, itu menimbulkan masalah getar (chattering) lebih banyak pada RC213V.”

    Dilain sisi, akselerasi RC213V tampak menjadi berkurang karena bobot motor bertambah meskipun RC213V masih mempertahankan Gearbox milik RC212V, dimana kita tahu tahun lalu RC212V cukup cepat disemua lintasan.

    Namun, sekarang GAP antara YZR-M1 dengan RC213V tidak seperti mesin 800cc dulu bahkan jauh, padahal Jorge Lorenzo telah mengatakan bahwa mesin M1 1000cc sekarang tidak jauh berbeda dengan versi 800cc dan hanya ada sedikit perbedaan. Tentu ini adalah sebuah kejanggalan, meskipun Honda tampak untuk lebih diam.

    Nah, sekarang peraturan baru datang lagi dari spesifikasi Ban depan Bridgestone baru yang rasa-rasanya tidak adil bagi Honda dan beberapa Tim lainnya. Meskipun Bridgestone mengklaim bahwa spesifikasi ban depan baru tersebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik untuk pembalap. Namun, nyatanya tidak semua pembalap mengatakan demikian.

    Sementara pada Test Aragon kemarin, Bridgestone juga tidak menggelontorkan spesifikasi ban depan barunya, padahal itu jelas sangat penting bagi pembalap untuk mengetahui bagaimana ban depan baru itu bekerja pada motor, terlebih untuk Tim yang merasa kurang cocok dengan spesifikasi ban depan baru tersebut. Hal itulah yang menyebabkan Tim Repsol Honda tidak menghadiri Test resmi Aragon.

    Lantas, kita bisa bertanya-tanya, ada apa dibalik semua peraturan baru Dorna saat ini? Apakah akan ada pabrikan yang akan mengundurkan diri lagi dari MotoGP karena peraturan-peraturan MotoGP yang selalu berubah-ubah?

    KOMENTAR