Home Ragam Ternyata Pengemudi Wanita Lebih Santun Boo!

    Ternyata Pengemudi Wanita Lebih Santun Boo!

    SHARE

    woman-parking-carMESINBALAP.com – Di beberapa daerah, umumnya wanita yang mengemudi jauh lebih dikhawatrikan dibanding jika yang mengemudi laki-laki. Mungkin karena pengaruh “aroma” ketimuran wanita yang mengemudi juga sangat mudah disalahkan saat mengendarai tunggangannya. Sebaliknya, kaum laki-laki dianggap lebih pintar akan hal itu. Benarkah demikian?

    Ternyata dari sisi psikologis, hal itu kurang tepat. Seperti hasil temuan Juliana Murniati, seorang psikolog wanita sekaligus Dekan Fakultas Psikologi Atmajaya, menyatakan bahwa perilaku mengemudi perempuan ternyata lebih santun bila dibandingkan perilaku mengemudi laki-laki.

    Bukan tana dasar, pernyataan ini diambil dari narasi penelitian yang mengungkapkan laki-laki mengalami kecelakaan 2 kali lebih sering daripada perempuan, kecelakaan lebih sering diawali oleh laki-laki. Kecelakaan pada laki-laki umumnya terjadi karena gelap, dan akibat mengebut. Pada perempuan terjadi sekitar perempatan dan kesalahan dalam perceptual.

    Seperti dilansir liputan6, pada dasarnya pengemudi wanita dan pria, sama-sama memiliki nilai positif dan negatif, tapi laki-laki lebih banyak dinilai negatif ketimbang perempuan.

    wanita-naik-motor

    Perilaku mengemudi perempuan yang positif biasanya perempuan berpikir taat peraturan lalu lintas sesuatu yang penting, clear dan reasonable. Sedangkan prilaku negatif dari perempuan adalah kemampuan perseptual dalam menilai jalan, dan selalu berpikir saat waktu ingin, nyelip.

    Pengemudi pria selalu melanggar peraturan lalu lintas kecepatan laju kendaraan, langgar lampu lalu lintas. Kecenderungan tinggi dalam mencari sensasi dan risk taking, serta pria lebih agresif di jalan.

    Dari data Korlantas Mabes Polri, kebanyakan kecelakaan lalu lintas di jalan raya diakibatkan oleh human error (kesalahan manusia). Sebanyak 20 persen terjadi pada kendaraan roda empat. Lebih dari 50 persen diakibatkan oleh kelalaian, ketidaktertiban berkendara serta kecepatan melebihi batas anjuran, dan umumnya pengemudinya adalah laki-laki.

    KOMENTAR