Home MotoGP Helm Balap Seharga Rp 3,9 Milyar: Ini Sebabnya!

    Helm Balap Seharga Rp 3,9 Milyar: Ini Sebabnya!

    SHARE

    Helm Balap Seharga Rp 3,9 MilyarMESINBALAP.com – Helm sebagai baju perang masa kerajaan Yunani dan Romawi, lambat laun menjadi pelindung kepala pekerja, pelindung kepala saat berkendara, sampai hanya sekedar menghindari tilang Polisi.

    Di arena balapan, waktu demi waktu, helm terus dimodifikasi agar tepat guna, dan tetap sesuai dengan tujuan utamanya, yakni melindungi pengendara apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Modifikasi yang ada kemudian mempengaruhi harga, dari ratusan juta, bahkan sampai miliaran Rupiah.

    Sebut saja harga helm balap mendiang pembalap Formula 1, Ayrton Senna yang dilelang pada tahun 2012 dengan 94.200 euro, atau kisaran Rp 1,4 miliar, serta helm pebalap F1 lainnya, Sebastian Vettel tahun lalu dengan 90.900 euro, atau kisaran Rp 1,38 miliar.

    Baru-baru ini, dalam acara penggalangan dana amal untuk sebuah yayasan kanker di Spanyol (AECC) yang terangkai dengan kegiatan amal resmi MotoGP, Riders for Health (riders.org), sebuah helm dengan jargon “Casco Stop Cancer” dilelang seharga 255.000 euro (Rp 3,9 miliar). Dengan harga fantastis tersebut, helm ini dinobatkan menjadi helm termahal di dunia sampai saat ini.

    Adalah Alberto Hernandez, seorang mahasiswa Spanyol bidang desaigner yang kebetulan sangan menyukai dunia balap motor, sehingga dia sempat berkenalan dan menjalin pertemanan dengan Sporting Director LCR Honda, Oscar Haro. Dari hubungan itulah, ide kehadiran “Casco Stop Cancer”, muncul.

    Namun ternyata, mahalanya helm balap “Casco Stop Cancer” dengan warna merah muda tersebut, bukan karena desain, dan style-nya, namun lebih dikarenakan sukses mengumpulkan 12 tanda tangan para rider, bintang, dan legenda kejuaraan balap motor terakbar seantero dunia tersebut.

    Bintang dan legenda MotoGP yang menyematkan tandatangan di helm Milyaran tersbut di antaranya adalah, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Wayne Rainey, Loris Capirossi, Giacomo Agostini, Angel Nieto, Alex Criville, Wayne Gardner, Scott Russell dan Randy Mamola.

    KOMENTAR