Home MotoGP Pajak Tinggi, Marc Marquez Memilih Pindah Negara

    Pajak Tinggi, Marc Marquez Memilih Pindah Negara

    SHARE

    Marc Marquez, Repsol Honda Team, MotoGP Valencia TestMESINBALAP.com – Heboh… Menjadi bahan perbincangan menarik, kalau ternyata juara dunia MotoGP 2014, Marc Marquez, dikabarkan akan pindah kewarganegaraan dari Spanyol ke Andorra.

    Andorra adalah negara kecil keenam Eropa yang terletak antara Spanyol dan Perancis. Merupakan negara dengan wajib pajak murah kepada warga negaranya.

    Hal ini mengakibatkan para public figure seperti olahragawan, seniman, artis, memilih tinggal di negara tersebut. Hal ini kemudian diamini oleh badan legislatif Andorra. Pelak, Andorra akhirnya menjadi tempat tinggal favorit para pembalap MotoGP.

    Pria kelahiran Carvera, Spanyol, juga demikian. Tujuan kepindahannya, tiada lain untuk menghindari pajak penghasilan yang tinggi di Negara asalnya, Spanyol. Bisa dibayangkan, jika pria kelahiran 17 Februari 1993 tersebut tetap tinggal di Spanyol, dia akan dikenakan pajak mencapai 49% dari 10 juta Euro penghasilannya.

    Fenomena pindah negara bagi para public figure berpenghasilan tinggi ini sepertinya bukan hal baru lagi. Sebut saja Aleix, Pol Espargaro bersaudara, Pol, Bradley Smith, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo memilih tinggal di Swiss daripada di negara asalnya. Tindakan sama juga pernah dilakukan Valentino Rossi yang pindah dari Tavullia, Italia ke London, Inggris pada tahun 2000-an.

    Namun kepindahan Marc Marquez tidak serta merta bisa dilakukan. Marc butuh 183 hari untuk mendapatkan status jadi warga negara di Andora. Itu merupakan persyaratan pindah kewarganegaraan internal Andorra.

    KOMENTAR