Home Formula One (F1) F1 Dilarang di Youtube, Ini Alasannya!

    F1 Dilarang di Youtube, Ini Alasannya!

    SHARE

    F1MESINBALAP.com – Youtube sebagai situs web berbagi video gratis menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5, sepertinya tidak lagi mendapat unggahan konten video aksi pebalap di ajang Formula 1. Pasalnya, Bos Formula 1 Bernie Ecclestone, mengambil langkah berbeda dari biasanya terkait tayangan F1 yang dimuat di Youtube.

    Dari keterangan yang dirilis para punggawa F1, setidaknya ada dua alasan pelarangan aktifitas tayangan F1 di laman yang dibeli oleh Google senilai US$1,65 miliar November 2006 silam. Pertama, pelarangan tersebut terkait kurangnya akitifitas departemen media digital F1. Pelarangan ini setidaknya memicu pengembangan website, aplikasi, Twitter dan laman Facebook, oleh staf.

    Kedua, pelarangan tayangan aksi F1 di Youtube, sebagai anak perusahaan Google, guna mengantisipasi menurunkan penawaran hak siar di televisi. Hasil rekaman aksi F1 di Youtube yang dinikmati secara gratis, jelas menurunkan penawaran hak siar televisi.

    Formula One

    Ketiga, Terkait dengan cara mempromosikan F1 di televisi. Dengan melarang siaran F1 di Youtube, maka akan memancing lebih banyak lagi penonton melihat balapan F1 di televisi, dan hal itu terkait iklan. Demikian yang diungkapkan Donald Mackenzie, orang yang bertanggung jawab dari mayoritas pemegang saham F1.

    Namun demikian, hal itu perlu ukuran yang jelas. Ecclestone mengatakan, timnya akan meninjau perubahan dalam kurun setahun kedepan dan mengukur apakah cara yang akan diambil ini bisa membuat lebih banyak orang menonton balapan F1 di televisi.

    KOMENTAR