Home Balap Motor Menunggu Kehebatan Yamaha WR450F Rally di Dakar Rally 2015

    Menunggu Kehebatan Yamaha WR450F Rally di Dakar Rally 2015

    SHARE
    Yamaha WR450F Rally
    Yamaha WR450F Rally, MCNEWS.com.au

    MESINBALAP.com – Pada ajang motocross, seluruh dunia mengenal pabrikan motor Yamaha. Performa racikan motor trail, unggul dibanding motor lain, membuatnya layak mendapat penghargaan tertinggi sebagai Best Dirt Bike Dakar Rally tahun 2012.

    Lalu bagaimana dengan di tahun 2015 mendatang? Kehebatan penunggang hebat yamah di ajan Dakar Rally, Olivier Pain, Michael Metge dan Alessandro Botturi, sepertinya bukan jaminan. Khawatir kedigdayaan itu diraih pabrikan lain, Yamaha Factory Racing bekerja keras menyiapkan motor WR450F Rally hingga tiga minggu ke depan.

    Tantangan Dakar Rally 2015 berjarak sekitar 8.000 km, dengan durasi waktu 4 Januari hingga 17 Januari 2015, diperlukan persiapan fisik dan mental peserta. Lebih penting dari itu, kesiapan motor pacu, harus serasi dengan kehandalan pebalap dan performa yang bisa menaklukan arena Dakar.

    Yamaha WR450F Rally pada dasarnya menggunakan mesin terbaru yang memiliki banyak kesamaan dengan YZ450F. Perbedaanya ada pada starter listrik dan aki berbahan serat karbon sehingga memudahkan dan mempercepat perally untuk menyalakan motor, saat mengalami kendala mesin mati atau melewati handy cap sulit. Knalpot pun diplot dari Akrapovic dan transmisi enam percepatan.

    Yamaha WR450F Rally 1

    Kalau pada motor yang digunakan di 2014, memiliki lima tangki bahan bakar yang terpisah, namun untuk WR450F Rally, tangki bahan bakar yang unik menggabungkan jumlah tangkinya. Dengan mengkombinasikan serat karbon pada tangki bahan bakar, tempat aki, filter udara dan fairing, Yamaha mengklaim berat motor berkurang sekitar 10 kilo.

    Manajer Tim Yamaha Factory Racing Team Yamalube, Jose Leloir, menyebutkan beberapa peningkatan kinerja motor berasal dari sistem injeksi bahan bakar dengan menggabungkan kontrol traksi baru yang akan mengurangi kelelahan pengendara, meningkatkan konsumsi bahan bakar dan keausan ban.

    Yamaha WR450F Rally 2

    Medan yang sulit yang kerap menjadi sebab kekalahan pada ajang rally sekelas Dakar, menginspirasi renovasi WR450F Rally dari generasi sebelumnya untuk dibuat senyaman mungkin. Pelindung mesin dari terpaan air, dan wadah toolbox yang cukup besar menjadi opsi darurat jika terjadi kerusakan mendadak.

    Yamaha WR450F Rally memang layak ditunggu kawan !

    KOMENTAR