Home Motor Yamaha Pastikan Jupiter Z1 Baru Telah Lolos Euro3

    Yamaha Pastikan Jupiter Z1 Baru Telah Lolos Euro3

    SHARE
    Yamaha Jupiter Z1
    Yamaha Jupiter Z1

    MESINBALAP.com – Tahun 2015 ini Yamaha kembali dengan teknologi baru. Mulai tahun ini si Yamaha mulai memberlakukan penggunaan standar emisi gas buang Euro3 untuk motornya bro. Motor Yamaha yang pertama kali menggunakan emisi Euro3 di Indonesia adalah Jupiter Z1.

    Pemilihan regulasi standar Euro3 yang dipilih oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) ini ternyata bukan asal pilih aja mas bro. Pemilihan ini sesuai dengan standar emisi yang dikeluarkan oleh Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC).

    Karena ini sudah mengandung kata worldwide, artinya motor ini sudah bisa diekspor ke seluruh dunia men. Bukan seperti regulasi ECE R40 yang hanya sebatas beredar di Eropa.

    Tapi, kira-kira apa kelebihan standar Euro3 WMTC ini dibandingkan ECE R40 bro? Poin tambahannya berada pada adanya aturan untuk meredukasi noise pada knalpot dan mesin motor. Gampangnya suara motor yang menggunakan Euro3 tidak bising mas bro.

    Pemerintah Indonesia ternyata juga sudah mengeluarkan aturan baru gan untuk masalah gas emisi ini. Jadi dengan penggunaan standar emisi Euro3 ini, Yamaha sudah berada track aman sesuai dengan apa yang diminta pemerintah. Fast response dude :D

    Euro3 yang diaplikasikan pada Jupiter Z1 ini menggunakan dua perangkat baru yaitu ECU dan knalpot catalic converter dilenkapi O2 sensor mas bro. Dengan penggunaan dua benda baru itu, dipastikan motor ini akan semakin ramah lingkungan.

    “Dengan standar emisi Euro3, saringan knalpot bakal lebih baik sehingga lebih ramah lingkungan. Hal ini akan semakin menunjukkan komitmen Yamaha untuk turut menjaga lingkungan. Motor terbaru keluaran Yamaha tahun ini sudah akan menggunakan Euro3 sesuai standar nasional maupun internasional,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

    Untuk masalah harga, Yamaha mulai mematok Jupiter Z1 ini dengan harga Rp 14.615.000 untuk on the road Jakarta. Untuk daerah lain tunggu sampai pemasarannya masuk ke daerah agan masing-masing ya.

    KOMENTAR