SSG Sudah Disempurnakan, Yamaha Yakin Bakal Juara Dunia Tahun Ini

    SSG Sudah Disempurnakan, Yamaha Yakin Bakal Juara Dunia Tahun Ini

    SHARE
    Yamaha YZR-M1 2015
    Yamaha YZR-M1 2015

    MESINBALAP.com – Kouichi Tsuji pemimpin pengembangan Yamaha MotoGP yakin bahwa timnya bakal meraih juara dunia musim ini, baik melalui tangan Rossi maupun Lorenzo. Kepercayaan om Tsuji tak lepas dari hasil pengembangan Yamaha YZR-M1 2015.

    Pria asli Jepang ini mengungkapkan bahwa seamless-shift gearbox alias transmisi tanpa jeda pada Yamaha M1 sudah disempurnakan dan diklaim lebih baik dibanding musim lalu. Sektor downshifting adalah salah satu kekurangan SSG Yamaha tahun lalu, dibandingkan dengan Honda yang naik turun tanpa jeda.

    Sektor downshift pada SSG M1 ini diklaim sudah dioprek dan dipastikan bisa naik turun tanpa jeda. Selain itu, Yamaha juga memperbaiki aspek pengereman YZR-M1 yang tahun lalu pun tidak lebih bagus dibanding pengereman Honda RC213V.

    “Tahun lalu saat kami finish kedua, perbedaan dengan pemenang balapan adalah dua detik, itu delapan kali. Balapan sekitar 120 kilometer sehingga kami berusaha mendapatkan dua detik sebisa mungkin. Dengan motor 2015 kami melakukan banyak hal”, ujar Tsuji kepada Crash.net

    “Kami berusaha memperbaiki hal-hal kecil dan kami berusaha agar bisa dua atau tiga detik lebih cepat. Pasti kami akan juara tahun ini. Kami punya tim yang bagus dengan pembalap, insinyur dan kita lihat saja.”

    “Kami punya masalah soal bagaimana menghentikan motor secepat mungkin. Kami bekerja keras dan kami sekarang berkonsentrasi dalam hal downshifting. Program ini semakin baik. Saya berharap di awal musim kami bisa mendapat beberapa perasaan yang lebih baik dibanding tahun lalu”, tambah Tsuji.

    Kouichi Tsuji, Yamaha MotoGP Group Leader
    Kouichi Tsuji, Yamaha MotoGP Group Leader

    “Musim lalu titik lemahnya di pengereman dan perlu berbenah jika kami ingin mengalahkan rival kami. Terkadang jika kami punya pengereman yang baik kami kehilangan beberapa kecepatan tikungan.”

    “Sekarang kami berusaha menemukan yang terbaik untuk mendapatkan pengereman bagus yang tidak mempengaruhi kecepatan. Kami sudah mempropgram ini sehingga anda bisa melihat perilaku yang sama sekali berbeda pada motor tersebut.”

    Direktur tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli juga memberikan komentar senada.

    “Bagi saya, saya sudah berkomunikasi dengan pemimpin pengembangan (Kouichi Tsuji) hampir setiap hari, perasaan dan semangat kami sekarang benar-benar baik, jauh lebih kuat dibanding tahun lalu. Mereka benar-benar menentukan”, sahut Meregalli.

    “Sekarang kami berada di sini, sementara mereka berada di Malaysia dimana besok mereka memulai pengujian. Ini adalah cara yang tepat untuk memulai. Mereka akan mencoba banyak hal yang berbeda dan mudah-mudahan mereka bisa bekerja”.

    “Aku benar-benar penasaran ingin melihat perasaan kedua pembalap kami. Ini akan menjadi pertama kalinya mereka mengendarai motor 2015 sepenuhnya. Di Valencia mereka memang mengujinya tetapi anda bisa bayangkan setelah balapan terakhir itu sangat sulit.”

    “Pada akhir musim anda lelah dan kadang-kadang pesta pada Minggu malam terasa berat. Mereka memberikan beberapa arahan kepada teknisi kami dan kami akan melihat bagaimana mereka memberikan saran terhadap motor”, tutup Meregalli.

    KOMENTAR