Home MotoGP Aprillia RS-GP Bakal Mendapat Perubahan Radikal

    Aprillia RS-GP Bakal Mendapat Perubahan Radikal

    SHARE
    Aprillia RS-GP, Tes MotoGP Sepang 2015
    Aprillia RS-GP, Tes MotoGP Sepang 2015

    MESINBALAP.com – Debut tim Aprillia di tes pra-musim MotoGP Sepang pekan lalu memang jauh dari kata oke. Alvaro Bautista hanya sanggup mencatatkan lap time tercepat 2 menit 01.924 detik pada tes hari ke-3, sementara Marco Melandri di posisi buncit dengan catatan waktu 2 menit 03.641 detik.

    Feedback yang diberikan kedua rider itu soal Aprillia RS-GP memang di luar dugaan. Baik Bautista maupun Melandri merasa jika pacuan baru itu kurang oke dari sisi manapun, termasuk saat memasuki tikungan dan kurangnya grip ban.

    Bahkan menurut Bautista, masih lebih bagus pacuan Aprilia ART versi Open class. Lohh kebriben sob? Akan tetapi Manajer Aprilia Racing, Romano Albesiano, menegaskan bahwa RS-GP tetap lebih baik dibanding versi Open class karna sudah dibekali katup pneumatik.

    “Umumnya komentar dari pembalap adalah Step 2 (perubahan) motor jadi lebih buruk dibanding sebelumnya. Gak enak saat masuk tikungan dan kurang grip. Jadi ada sesuatu yang salah dengan motor itu”, beber Albesiano.

    “Ini hanyalah soal menemukan keseimbangan yang tepat dalam hal titik posisi gravitasi. Dalam hal ini terutama tingginya pusat gravitasi. Lalu kami memiliki beberapa perbedaan kecil dalam kekakuan chassis.”

    Aprillia RS-GP

    Perubahan itu membuat RS-GP kacau balau, mulai dari akselerasi, torsi, grip dan saat merebah di tikungan. Namun, tes rider Aprilia, Michael Laverty, mencoba memberikan beberapa umpan balik positif.

    “Kita tidak bisa dengan mudah menemukan solusinya, jadi kami membiarkan motor itu, menganalisa data dan memeriksa semuanya. Kami menyiapkan beberapa set-up dan diuji oleh Laverty. Kami sudah melakukan beberapa perubahan yang cukup radikal tapi sekarang selisih angkanya hampir dekat antara dua motor itu. Baik dalam hal performa dan feeling”, tambah sang manajer.

    Alvaro Bautista, Aprillia RS-GP

    Pada dasarnya Aprillia RS-GP tidak jauh berbeda dari motor ART Open class tahun lalu, lantaran sama-sama menggunakan basis superbike Aprilia RSV4. Bedanya RS-GP ini versi pabrikan, sedangkan ART hanya Open Class, meskipun perbedaan terbesar hanya terletak pada katup pneumatik.

    “Semua motor (MotoGP) menggunakan katup pneumatik. Kami tahu bahwa mesin terbaik masih lebih cepat daripada RS-GP tapi ini adalah rilis pertama mesin kami. Sebagai titik awal itu sudah sempurna. Pasti kami akan berkembang”, yakin Albesiano.

    Melandri, Aprilia Racing

    “Jika anda menganggap bahwa motor ini masih menggunakan bak mesin RSV4, tentu itu membuatku kaget.”

    Selain itu, Aprillia RS-GP dikabarkan juga akan mendapatkan piranti canggih seperti yang sudah digunakan Honda, Yamaha dan Ducati, yakni seamless-shift gearbox.

    “Kami akan melakukan uji coba pertama gearbox (SSG) dengan motor superbike di Italia bulan ini. Seperti yang saya katakan, bak mesin adalah sama (sebagaimana motor MotoGP) sehingga gearbox ini akan sesuai”, terang Albesiano saat ditanyai soal seamless gearbox.

    Bautista, Aprilia Racing

    “Ini adalah sesuatu yang sangat baru, sehingga sulit untuk merencanakan waktu pengiriman tepat. Tapi saya cukup optimis bisa memilikinya sebelum pertengahan musim. Kami punya mesin baru untuk tahun depan, juga sasis baru. Kami berencana akan mengujinya pada bulan September atau Oktober.”

    KOMENTAR