Home Motor Yamaha NMAX Diklaim Bisa Terjang Banjir Bandang

    Yamaha NMAX Diklaim Bisa Terjang Banjir Bandang

    SHARE
    Yamaha NMAX, Motor Anti Banjir Bandang
    Yamaha NMAX, Motor Anti Banjir Bandang

    MESINBALAP.com – Yamaha NMAX diklaim sebagai motor yang diperuntukkan untuk kawasan perkotaan. Tolak ukur kota yang digunakan biasanya adalah Jakarta. Degan kondisi Jakarta yang seperti itu, pastinya sudah disesuaikan dengan keadaan jalanan kota Jakarta yang beragam, termasuk saat banjir.

    Skutik NMAX yang menggunakan mesin 155 cc ini ternyata juga sudah dinyatakan sebagai skutik yang anti banjir bandang bro. Bener gak nih? Kalo bener wajib dites di kolam ikan lele… :mrgreen:

    General Manager Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Manufacturing, M Abidin, dalam peluncuran NMAX di Sirkuit Sentul (10/22015) mengungkapkan bahwa skutik bergaya ala Eropa ini memiliki struktur lubang udara yang sudah disiapkan untuk menghadapi genangan air.

    “Filter yang digunakan kedap. Udara hanya bisa diambil dari filter, bukan melalui lubang lain,” kata Abidin yang dibenarkan pula oleh Takehiko Gotanda, Engine Project Chief NMAX Yamaha Motor Co. Ltd.

    Bro bro! Sedikit kekhawatiran yang muncul mengenai posisi filter NMAX yang letaknya cukup rendah. Dan takutnya kalau digunakan saat dalam genangan air justru akan mati. Tapi pihak Yamaha secara langsung memastikan keamanan lajunya asalkkan tinggi genangannya tidak melebihi 50cm bro. :mrgreen:

    Gotanda menegaskan lubang udara yang terhubung dengan CVT ini dibuat secara khusus. Arahnya menghadap ke atas dengan tinggi kurang lebih 70cm.

    “Sebenarnya ini belum dilakukan tes langsung. Tapi secara teori NMAX mampu melewati genangan air dengan genangan air tertentu,” papar Abidin.

    Staff Service Education Yamaha Indonesia, Ridwan Arfin, mengatakan jika kunci penting melewati genangan adalah dengan menahan gas den juga mempertahankan rpm mesin. Jangan sampai air tersedot masuk ke ruang pembakaran.

    KOMENTAR