Yamaha M1 Siap Pakai Full SSG di Tes Sepang 2

    Yamaha M1 Siap Pakai Full SSG di Tes Sepang 2

    SHARE

    Movistar Yamaha technician, MotoGP Valencia TestMESINBALAP.com – Permintaan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi soal full seamless gearbox sepertinya akan terwujud di tes Sepang 2 pada akhir bulan ini. Yamaha menyadari salah satu kekurangan mereka terletak pada aspek transmisi M1.

    Meskipun musim lalu tim garpu tala sudah menggunakan SSG, tapi nyatanya piranti itu masih jauh dari kata sampoerna. Yupp SSG Yamaha M1 musim lalu hanya bisa bekerja saat upshift doank, sementara SSG kepunyaan Honda bisa naik turun tanpa jeda. Artinya saat downshift pun tak ada jeda.

    Yamaha menegaskan bahwa Rossi dan Lorenzo harus mau mengikuti tradisi Yamaha soal pengembangan motor, walaupun kedua rider itu ngeyel minta full SSG sejak musim lalu. Tim garpu tala itu juga menekankan bahwa mereka tidak boleh lagi meniru cara Honda dalam mengembangkan motor, dalam hal ini termasuk SSG.

    Makanya perangkat full SSG M1 datang terlambat dan baru bisa dipakek musim ini. Ya mungkin saja insinyur Yamaha sedang menyelesaikan study SSG musim lalu. Lha emang kuliah SSG dimana?  :mrgreen:

    “Sistem seamless downshift direncanakan tiba dalam waktu dekat. Dan yang pasti akan membantu. Itu akan tiba secepat mungkin. Saya pikir seharusnya itu skenario realistis”, ungkap Lin Jarvis kepada MCN.

    Lantas mengapa full seamless gearbox baru bisa dipakai musim ini? Yamaha berkilah bahwa itu menyangkut keselamatan pembalap, makanya pengembangannya sangat lama. Ya kembali ke soal kuliah SSG lagi…  :mrgreen:

    “Yang penting dengan gearbox itu anda tidak melakukan kesalahan karena anda bicara soal keselamatan pembalap. Ini merupakan sesuatu yang penting bagi Yamaha, kami harus 100% yakin dengan apapun yang kami bawa”, tambah Jarvis.

    KOMENTAR