Home MotoGP Dibalik Alasan Kenapa Motor Open Class Tidak Didukung SSG

    Dibalik Alasan Kenapa Motor Open Class Tidak Didukung SSG

    SHARE

    Honda Seamless-Shift GearboxMESINBALAP.com – Pasti banyak yang bertanya-tanya dan mungkin terheran-heran, kenapa motor Open class di MotoGP tidak memakai seamless-shift gearbox (SSG). Seperti yang pemirsa semua tau tansmisi tanpa jeda ini mampu meningkatkan performa dan kestabilan motor di MotoGP, kurang lebih seperti itu.

    Disamping karena masalah harga, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan SSG gak bisa disematkan di motor-motor Open class di MotoGP. Faktor lain yang dimaksud disini adalah software ECU Open class Magneti Marelli.

    Software ECU tunggal keluaran Magneti Marelli ini memang belum memiliki alogaritma yang mampu mendeteksi keberadaan seamless-shift gearbox pada motor Open class. Jadi percuma saja pasang SSG yang harganya selangit itu, lha ternyata softwarenya tidak mendukung bro.

    Soal harga jangan ditanya, tansmisi 6-speed tanpa jeda ini sangat mahal harganya. Bahkan wakil presiden HRC, Shuhei Nakamoto, pernah mengutarakan jika harga SSG ini jauh lebih mahal dari rumah mewah yang ia tempati di Jepang.

    Tapi itu harga SSG untuk prototipe Honda RC212V 800cc (spek 2012) dan RC213V 1000cc (spek 2013) versi lawas, nah kalau harga yang sekarang? Bisa dipastikan banderol harga terbaru lebih mahal bro, lantaran SSG Honda saat ini sudah mencapai pengembangan yang sangat signifikan dibanding 3 tahun yang lalu.

    Namun, mungkin saja harganya bisa dikatrol lebih murah lagi jika ada pabrikan MotoGP yang sudi mengeluarkan SSG abal-abal alias versi KW2 dan seterusnya. Ada harga, ada kualitas ndro… :mrgreen:

    KOMENTAR