Yamaha Indonesia Enggan Jual YZF-R3, Alasannya?

    Yamaha Indonesia Enggan Jual YZF-R3, Alasannya?

    SHARE

    Yamaha YZF-R320 EU Race BlueMESINBALAP.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ini sedang memproduksi klonigan Yamaha YZF-R25, yaitu YZF-R3. Yamaha Ertiga yang mengusung mesin 312cc ini rencananya akan dipasarkan di Amerika maupun Eropa.

    Nahh yang perlu diketahui bro, walaupun Yamaha YZF-R3 diproduksi di Indonesia, ternyata PT YIMM belum memiliki rencana untuk memasarkan motor ini di Jakarta.

    “Walaupun semua proses produksi dilakukan di Indoneisa tapi kami belum merencanakan untuk memasarkannya di sini. Saat ini kami sedang fokus untuk yang akan diekspor dulu,” kata M. Abidin yang menjabat sebagai GM Service & Motorsport PT YIMM saat peluncuran YZF-R25 ABS beberapa waktu lalu.

    Belum dijualnya Yamaha R3 di Indonesia disebabkan karena beberapa faktor yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu faktor paling penting adalah masalah pajak kendaraan bermotor mengingat YZF-R3 menggunakan mesin berkapasitas lebih dari 250cc.

    “Walaupun diproduksi di Indonesia tetap saja pajaknya mahal. PPN BM-nya mencapai 65%. Jika dijual di Indonesia saat ini takutnya banyak konsumen yang mengeluh terlalu mahal,” tambahnya.

    Jadi saat ini Indonesia menerapkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN BM) sebesar 65% untuk motor yang menggunakan kapasitas mesin 250cc sampai dengan 500cc. Sedangkan untuk mesin dibawah 250cc pajaknya 0%. Lebih mahal lagi untuk motor yang bermesin di atas 500cc karena pajaknya bisa mencapai 125%.

    Coba bayangin bro, pajak sama harga motornya lebih mahalan pajaknya… :D

    KOMENTAR