Jelang MotoGP Austin 2015: Akhirnya Dorna Cabut Subsidi Ducati

    Jelang MotoGP Austin 2015: Akhirnya Dorna Cabut Subsidi Ducati

    SHARE

    Ducati MotoGP Qatar Race 2015MESINBALAP.com – Setelah meraih podium ganda di race MotoGP Qatar 2015 Minggu kemarin, akhirnya mbah Dorna memutuskan akan mencabut subsidi yang diberikan kepada tim pabrikan Ducati. Subsidi yang dimaksud adalah subsidi BBM dari 24 liter dikurangi menjadi 22 liter.

    Sama halnya seperti Suzuki dan Aprilia, pabrikan Bologna itu juga mendapatkan manfaat dari regulasi Factory 2 yang mana bisa mencicipi keuntungan yang diberikan untuk tim Open class. Kan dulu udah pernah dibahas, intinya 24 liter BBM, ban ekstra soft, 12 mesin/musim dan boleh mengembangkan mesin saat musim balap berlangsung.

    “Setelah hasil Ducati di Qatar akhir pekan lalu, dimana Dovizioso dan Iannone berada di podium, maka subsidi bahan bakar telah dikurangi dari 24 liter menjadi 22 liter”, ujar Race Direction MotoGP dalam keterangan resmi.

    Andaikan Ducati meraih tiga kemenangan lagi dalam balapan kering maka dipastikan jatah ban belakang ekstra soft akan dicabut.

    “Hal ini karena fakta bahwa tim pabrikan Ducati telah meraih tiga podium dalam balapan kering sejak awal musim 2014. Dovizioso podium ke-3 di Austin 2014, podium ke-2 di Qatar 2015 dan Iannone podium ke-3 kemarin. Mulai seri Austin hingga akhir musim 2015, kapasitas tangki bahan bakar untuk semua mesin pabrikan Ducati maksimal menjadi 22 liter”, lanjut RD MotoGP.

    Dovi, Iannone Qatar 2015

    “Itu berlaku untuk semua tim Ducati yang bernaung di bawah opsi pabrikan, termasuk tim Ducati Dovizioso dan Iannone, serta tim Pramac Racing Danilo Petrucci dan Yonny Hernandez.”

    Namun, tim open class Ducati tidak terpengaruh oleh perubahan ini seperti tim Avintia Racing yang mulai musim ini menggunakan Ducati.

    KOMENTAR