Jelang MotoGP Austin 2015: Rossi Menatap Kedepan, Kompetisi Super Ketat Menanti

    Jelang MotoGP Austin 2015: Rossi Menatap Kedepan, Kompetisi Super Ketat Menanti

    SHARE

    Rossi Qatar FPMESINBALAP.com – Race MotoGP di Qatar akhir pekan lalu berubah haluan setelah Valentino Rossi berhasil finish di urutan pertama. Awalnya The Doctor sempat mengalami masalah grip sepanjang akhir pekan di Qatar, tentunya tak banyak yang memperkirakan bahwa ia akan menang.

    Saat ditanya bagaimana ia bisa melesat dari grid delapan menuju posisi terdepan, Rossi hanya bisa memuji karakteristik Yamaha. Menurutnya, motornya selalu tampil baik di Losail, khususnya saat balapan (bukan saat Free Practice atau Qualifikasi karena hasil dari keduanya kurang bagus).

    Rossi mengatakan bahwa YZR-M1 miliknya tak banyak berubah dari tahun lalu, namun telah terjadi peningkatan pada sisi pengereman. Selain itu penggantian girboks juga membantunya untuk bisa menghentikan tunggangannya tersebut secara lebih baik.

    Rossi juga mengungkapkan bahwa kelincahan dan traksi yang baik adalah dua sifat yang ada pada YZR-M1, yang ia sudah tak merasa asing lagi dengannya. Jadi menurutnya, tak banyak perubahan yang bisa dicatat.

    Namun kenyataan bahwa The Doctor mampu menjadi nomor satu di race akhir pekan lalu membuktikan bahwa motornya juga mengalami peningkatan dalam hal kecepatan. Bagaimanapun juga, ini adalah suatu hasil yang sedikit diluar dugaan.

    Rossi menyadari bahwa pergeseran level bisa saja terjadi setiap minggunya ketika motor terjun ke lintasan yang berbeda; dalam hal ini Honda, Ducati dan Yamaha; masing-masing memiliki titik kekuatan dan kelemahan yang bisa membuatnya berada didepan atau dibelakang pada race tertentu.

    Rossi Qatar FP1

    Menurut Rossi, untuk tetap unggul dalam kejuaraan, konsentrasi dibutuhkan untuk mengerti kapan hari yang tepat untuk memenangkan perlombaan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah untuk tetap medapatkan sejumlah poin di saat-saat yang sulit, di lintasan yang sulit.

    Race di Losail telah membuktikan betapa ketatnya persaingan di MotoGP tahun ini. Di seri-seri berikutnya balapan diprediksi akan lebih seru lagi. Sebab Ducati telah menunjukkan bahwa mereka sepertinya siap menyusul Honda dan Yamaha untuk menjadi salah satu dari yang terkuat di kelas para raja.

    KOMENTAR