Raih Podium Ganda, Bahan Bakar Ducati Akan Dikurangi

    Raih Podium Ganda, Bahan Bakar Ducati Akan Dikurangi

    SHARE

    Iannone QatarMESINBALAP.com – Seri pembuka MotoGP di Qatar Minggu lalu telah menampilkan tontonan yang menarik. Faktor utamanya tak lain adalah kembali naiknya The Doctor ke podium teratas dan tentu saja ditambah kehadiran duo rider Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone yang berhasil menempati podium kedua dan ketiga.

    Masih menyangkut performa duo Ducati yang mengesankan, rupanya raihan podium ganda mereka di sirkuit Losail akan berdampak pada jumlah bahan bakar yang boleh mereka pakai di seri MotoGP selanjutnya.

    Sebagaimana kita ketahui, Ducati sejak awal musim 2014 telah menjalani race dengan berbagai kelonggaran di kategori Open Class, seperti diantaranya jumlah kuota mesin 12 unit dan bahan bakar 24 liter dibandingkan tim factory yang cuma dapat 5 mesin dan bahan bakar 20 liter.

    Dengan keunggulan bahan bakar 4 liter dan berbagai kemudahan lainnya, diharapkan Ducati dapat membuat perubahan positif dan keluar dari masa kelam yang sangat seret dan susah menang seperti di tahun-tahun sebelumnya.

    Ketetapannya jika Ducati berhasil meraih satu kemenangan, podium ganda atau tiga kali podium di race kering sejak awal 2014, maka Direksi MotoGP akan mengurangi jatah bahan bakar mereka sebanyak 2 liter, hingga menyisakan jatah 22 liter saja untuk tiap race selanjutnya.

    Mengingat di seri pembuka musim ini Ducati telah tampil cukup ganas dan mampu menyabet dua podium sekaligus, apalagi ditambah podium ketiga Dovizioso di sirkuit Austin tahun lalu yang memastikan tiga kali keunggulan mereka di race kering, tentunya Ducati sudah mencapai batasan yang ditetapkan dan layak untuk dikenakan potongan.

    Kendati demikian, sepertinya kekurangan 2 liter ini tidak akan berdampak signifikan terhadap performa tim Ducati. Lantaran menurut pengakuan mereka, 22 liter aja gak habis, jadi kalau kedepannya dijatah segitu ya gak masalah. Selain itu, 22 liter merupakan kapasitas maksimal baru untuk semua kompetitor di musim 2016.

    KOMENTAR