Jelang Kejurnas MotoPrix Region 2 Solo 2015: Apa Sih Beda IndoPrix dengan...

    Jelang Kejurnas MotoPrix Region 2 Solo 2015: Apa Sih Beda IndoPrix dengan MotoPrix?

    SHARE
    Tim Yamaha, Jelang MotoPrix Solo 2015
    Tim Yamaha, Jelang MotoPrix Solo 2015

    MESINBALAP.com – Bro… sejak lembaran kalender tahun 2015 dibuka, maka dibuka pulalah kegiatan balap motor di Indonesia. Untuk Jawa Tengah sendiri jangan tanya bro, karena setiap Minggu selalu ada event, baik itu event daerah atau event yang berskala Nasional.

    Bicara soal event Nasional, kota Solo menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Motorprix Region 2 Seri 3 yang bertempat di sirkuit Manahan Solo mulai hari ini sampai besok (4-5/04/2015). Selama ini kita sering mendengar nama IndoPrix dan MotoPrix, sebetulnya apa sich perbedaanya?

    IndoPrix

    Peserta dari IndoPrix adalah pembalap seeded yang berhasil masuk lima besar dari masing-masing region di event yang diselenggarakan di tahun sebelumnya kecuali ada peserta yang mendapat Wild Card dan sudah mendapat lisensi dari Ikatan Motor Indonesia Pusat.

    Pada IndoPrix hanya dipertandingkan 2 kelas saja yaitu kelas MP1 (110cc) dan kelas MP2 (125cc) untuk penyelenggaraan event sendiri harus di lakukan di sirkuit permanen bukan di sirkut dadakan.

    Sirkuit Manahan Solo Jawa Tengah
    Sirkuit Manahan Solo Jawa Tengah

    Pertinyiinyi adalah IndoPrix dalam satu tahun hanya menggelar 5 seri, jadi banyak waktu luang yang terbuang sia-sia.

    Lha mau turun di kelas dibawahnya eeeehh peraturan melarang, trus pada ngapain ya enaknya? Itulah Pertinyiinyi… hehehe

     

    MotoPrix

    Kelas MP1 dan Kelas MP2 diikuti pembalap seeded yang belum masuk ke IndoPrix tapi point-nya tidak dihitung. Selanjutnya pembalap yang terdegradasi dari IndoPrix tetap boleh mengikuti MotoPrix dan pointnya tetap dihitung.

    Jenis Motor Yang Digunakan di MotoPrix
    Jenis Motor Yang Digunakan di MotoPrix

    Untuk pembalap yang sudah berumur 18 tahun, kelas yang mereka ikuti adalah MP3 dan MP4 atau kelas balap pemula senior. Sedangkan umur di bawah 18 tahun kelas MP5 atau kelas pemula junior, kecuali si pembalap mempunyai bakat dan skill di atas rata-rata maka boleh mengikuti kelas MP3.

    OK bro… semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita soal balapan di tanah air kita.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR