Lexus GX dan LX Hadapi Masa Depan Tak Jelas

    Lexus GX dan LX Hadapi Masa Depan Tak Jelas

    SHARE
    2014 Lexus GX 460
    2014 Lexus GX 460

    MESINBALAP.com – Lexus saat ini sedang dalam posisi yang kuat untuk meningkatkan penjualan di segmen SUV mewah setelah diperkenalkannya all-new RX crossover di New York Auto Show. Crossover RX generasi keempat telah berkembang, menciptakan ruang bagi model NX yang ada dibawahnya untuk ikut melesatkan penjualan di pasar global.

    Tapi ketika kita menelisik ke segmen yang lebih tinggi, kita akan mendapati masa depan dari model-model seperti GX dan LX yang mengambang tak jelas. Mark Templin, Wakil Presiden Eksekutif Lexus, dalam wawancaranya dengan Autoblog mengungkapkan keyakinannya bahwa Lexus NX dan RX yang berada di dua segmen yang berbeda itu akan cukup untuk mengisi sebagian besar pasar.

    Namun Templin tak menjelaskan secara gamblang tentang nasib SUV tradisional GX dan LX. Dia hanya mengatakan bahwa keduanya telah mencapai sukses di berbagai belahan dunia.

    LX menjadi produk terlaris Lexus di Arab Saudi sedangkan GX adalah model yang sangat diminati di Amerika selama dua tahun semenjak pertama kali dirilis. Tapi kedua mobil itu kini menghadapi masa depan yang buram karena regulasi yang dijalankan oleh pemerintah di seluruh dunia tak mendukung keberlanjutan produksi.

    Bagaimanapun juga, ini bukan berarti bahwa kedua model dengan mesin besar tersebut sudah pasti akan dikeluarkan dari list mobil Lexus. Hal itu belum tentu karena Templin hanya berbicara tentang ketatnya standar emisi di berbagai negara yang mungkin akan mempengaruhi perencanaan produk.

    2013 Lexus LX 570
    2013 Lexus LX 570

    Saat ini, Lexus hanya fokus pada peluncuran RX dan bukan pada penambahan jumlah model di daftar mereka. Namun jika keputusan penghentian produksi untuk GX dan LX betul-betul keluar, Lexus tetap akan membutuhkan pengganti untuk mengisi kekosongan mobil SUV berukuran sedang dengan tiga baris tempat duduk. Dan jelas kandidat terdekat untuk mengisi gap ini adalah RX yang bisa jadi akan memiliki varian baru di masa depan.

    KOMENTAR