Anda Ingin Stoner Kembali? Sayangnya Honda Tidak

    Anda Ingin Stoner Kembali? Sayangnya Honda Tidak

    SHARE
    Casey Stoner, MotoGP Phillip Island 2012
    Casey Stoner, MotoGP Phillip Island 2012

    MESINBALAP.com – Manager Repsol Honda, Livio Suppo telah mengisyaratkan bahwa mantan top rider sekaligus juara dunia dua kali Casey Stoner tidak akan punya kesempatan untuk menunggangi Honda RC213V lagi.

    Mungkin sebagian orang sempat berfikir bahwa Stoner akan menggantikan Pedrosa yang absen selama dua race, tapi sepertinya hal itu tidak akan terjadi.

    Pedrosa memang diharuskan libur selama beberapa minggu setelah menjalani operasi untuk mengobati penyakit arm pump yang membelenggu lengannya.

    Namun dengan absennya pembalap Spanyol ini, Hiroshi Aoyama lah yang dipanggil sebagai pengganti sementara untuk mengisi kekosongan di seri Austin dan Argentina, dan bukan Stoner.

    Kemungkinan akan kembalinya Casey Stoner ke MotoGP telah dihapus oleh Suppo hanya dalam waktu beberapa menit setelah adanya pengumuman tentang penyakit arm pump Pedrosa di Qatar.

    Lima hari kemudian Stoner mengkonfirmasi dari akun Twitternya, “Maaf semuanya, aku tidak akan membalap di Circuit of the Americas minggu depan, tentunya akan jadi sebuah kehormatan bagiku jika bisa membalap untuk Dani Pedrosa.”

    Casey Stoner on Twitter

    Dalam status Twitternya tersebut Stoner juga menambahkan hastag ‘NotMeantToBe’, seolah dia memang ingin mendapatkan kesempatan untuk balapan lagi walau hanya sebentar.

    Stoner-Pedrosa, Tim Paling Solid di Musim 2012
    Stoner-Pedrosa, Tim Paling Solid di Musim 2012

    Menurut Gazzetta dello Sport, sebetulnya Suppo sudah mempertimbangkan akan kemungkinan Stoner ngaspal lagi. Namun pertimbangannya jauh lebih berat pada kemungkinan Stoner tidak akan mampu bersaing di dua sirkuit yang asing dengan motor yang juga sudah relatif asing (karena sudah banyak perubahan).

    “Kami sudah membahas tentang hal itu,” kata Suppo dikutip oleh Gazzetta. “Ada beberapa keuntungan, tapi lebih banyak kerugian, jadi kami pikir lebih baik tak mengambil keputusan itu. Orang-orang tak sadar akan betapa tingginya level (MotoGP) saat ini, jadi meskipun sudah menang berkali-kali, bukan berarti seseorang akan langsung cepat saat dia kembali.”

    Kombinasi Stoner-Pedrosa Bikin Yamaha Tak Berdaya Kala Itu
    Kombinasi Stoner-Pedrosa Bikin Yamaha Tak Berdaya Kala Itu

    “Casey tak memahami tentang dua trek di seri mendatang, dan selama dua tahun terakhir dia hanya aktif selama empat hari diatas motornya. Aku mengerti bahwa kembalinya dia akan memuaskan imajinasi banyak orang, semua orang akan menyukai itu, tapi bagaimana jika dia tidak bisa melaju cepat? Apa yang akan dikatakan dan ditulis oleh orang-orang?”

    Suppo menambahkan bahwa banyak persiapan akan diperlukan jika Stoner betul-betul ingin kembali ke MotoGP – meskipun itu hanya untuk penampilan wild card.

    Honda RC212V Bekas Tunggangan Stoner
    Honda RC212V Bekas Tunggangan Stoner

    Sebagai pelajaran, Suppo mengambil contoh dari Troy Bayliss – yang telah dua kali berkompetisi di WSBK musim ini, serta Michael Schumacher yang sebelumnya juga pernah kembali ke F1 dengan Mercedes, keduanya tak secepat dulu.

    Hal ini untuk menggarisbawahi betapa sulitnya kembali ke level tertinggi. Membayangkan bahwa Stoner akan menjadi teammate Marc Marquez yang sudah merajai MotoGP selama dua musim terakhir, itu akan membuat dia semakin kesulitan lagi.

    KOMENTAR