MotoGP Austin 2015: Rossi Ingin Akhiri Dominasi Marquez di COTA

    MotoGP Austin 2015: Rossi Ingin Akhiri Dominasi Marquez di COTA

    SHARE
    Valentino Rossi, FP2 MotoGP Austin 2015
    Valentino Rossi, FP2 MotoGP Austin 2015

    MESINBALAP.com – Valentino Rossi tak pernah menang di COTA (Circuit of the Americas), lokasi MotoGP Amerika pada hari Minggu. Dia berharap untuk bisa mengakhiri dua tahun kekalahan beruntunnya disana setelah mendapat semangat baru dari kemenangan luar biasa di race pembuka musim di Qatar.

    Bagaimanapun juga, The Doctor punya satu penghalang nyata yang mencegahnya untuk mewujudkan hal ini. Siapa lagi penghalang itu kalau bukan Marc Marquez. Rival beratnya dari tim Repsol Honda tersebut terbukti dua kali tak terkalahkan di COTA.

    Marquez, 21 tahun, mencetak kemenangan pertamanya di kelas premier saat race di COTA pada tahun 2013 lalu, menjadikannya pembalap termuda yang berhasil meraih kemenangan di MotoGP. Dan rider asal Spanyol tersebut memang mengidolakan sirkuit Texas.

    Sementara itu Rossi, 36 tahun, mengaku bahwa COTA bukanlah sirkuit favoritnya, khususnya karena adanya tata letak 20 tikungan yang tidak dia sukai. Tapi dia merasa bahwa peningkatan Yamaha M1 akan memberinya peluang untuk mengakhiri dominasi Marquez.

    “Tata letak trek ini bukanlah yang terbaik untuk M1, tapi motor kami telah berubah banyak tahun ini, dan sekarang kami memiliki seamless gearbox yang akan membantu di trek seperti Austin,” kata Rossi.

    Rossi MotoGP Amerika

    “Tahun lalu Marc jauh lebih cepat di race dan kami perlu untuk mengurangi gap. Aku belum pernah naik podium di sini. Tahun lalu aku kompetitif di paruh pertama balapan namun kemudian ban depanku hancur. Tahun ini kami memiliki pilihan ban ekstra-keras dan kami dapat menghindari masalah ini.”

    “Di trek ini Marc selalu sangat kuat, ini adalah trek yang bagus baginya. Tahun lalu jika bukan karena masalah ban, aku bisa berada di podium, jadi ini adalah target yang bagus untuk akhir pekan ini.

    “Rasanya luar biasa bisa menang di Qatar, tapi sekarang kami harus kompetitif di setiap tempat.”

    Di COTA, Rossi hanya berhasil finish keenam di 2013 dan kedelapan di 2014. Sementara pemegang dua kemenangan berturut-turut Marc Marquez selalu mendominasi sirkuit dengan menjadi yang tercepat di sesi free practice dan kualifikasi sampai memimpin balapan hingga akhir.

    KOMENTAR