Marquez Sudah Gunakan Jatah Mesin Ketiganya di Austin, Ada Apa Honda?

    Marquez Sudah Gunakan Jatah Mesin Ketiganya di Austin, Ada Apa Honda?

    SHARE
    Paddock Repsol Honda - MotoGP Austin 2015
    Paddock Repsol Honda – MotoGP Austin 2015

    MESINBALAP.com – Kejutan datang dari kubu Repsol Honda, bukan soal Stoner atau Pedrosa tapi soal jatah mesin RC213V milik Marquez. Hal ini berkaitan dengan insiden saat sesi kualifikasi MotoGP Austin Sabtu kemarin, dimana Marquez memarkir motornya secara tiba-tiba di 3 menit terakhir sesi Q2.

    Joki Honda itu secara gamblang memang tidak membeberkan soal masalah teknis yang dialaminya saat sesi kualifikasi Q2. Ya jelas saja tim melarangnya untuk buka-bukaan soal masalah internal, lagi pula tentu HRC menutup rapat-rapat mengenai masalah teknis tersebut.

    Walau demikian, Marquez mengatakan bahwa dia sudah menggunakan jatah mesin ketiganya pada race MotoGP Austin kemarin. Menurutnya ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan, iya donk daripada mesinnya meleduk. hehehe… Kan jatah mesin yang diizinkan adalah lima mesin selama satu musim, beda dengan Ducati yang boleh pakai 12 mesin.

    Jika benar bahwa ini adalah masalah teknis yang mendera mesin Honda RC213V, wahh bisa gawatt. Kan waktu Q2 kemarin Marquez bilang dashboard motornya tiba-tiba ngeluarin semacam warning alias peringatan, dan dianjurkan untuk ganti motor kedua.

    Takeo Yokoyama (HRC Technical Director) & Livio Suppo (Manajer Repsol Honda) di Free Practice MotoGP Austin, Jum'at  10 April 2015
    Takeo Yokoyama (HRC Technical Director) & Livio Suppo (Manajer Repsol Honda) di Free Practice MotoGP Austin, Jum’at 10 April 2015

    Tentu masih ingat masalah serupa pernah dialami Yamaha pada musim 2013 yang lalu, dimana tim Garpu Tala boros banget dalam hal pemakaian mesin M1. Mulai seri GP Qatar sampai Catalunya 2013 saat itu Yamaha sudah pakai 4 mesin, sedangkan Honda baru menghabiskan 1 mesin dalam enam seri MotoGP 2013.

    Oke deh ditunggu saja update selanjutnya bro.

    KOMENTAR