Penyakit Bronkitis Sebabkan Lorenzo Gagal Podium di Austin?

    Penyakit Bronkitis Sebabkan Lorenzo Gagal Podium di Austin?

    SHARE
    Jorge Lorenzo, Race MotoGP Austin 2015
    Jorge Lorenzo, Race MotoGP Austin 2015

    MESINBALAP.com – Kemarin adalah akhir pekan yang kurang baik untuk Jorge Lorenzo. Masih dalam proses penyembuhan penyakit bronkitis yang dideritanya, rider Yamaha Movistar tersebut menghadapi race yang sulit di MotoGP Austin dan harus ngotot melawan rider-rider lain yang kondisi fisiknya sedang fit seperti Bradley Smith dan Andrea Iannone. Jelas keduanya bukan lawan yang enteng. Di race ini saja mereka berhasil meneror Rossi secara bergiliran dalam beberapa putaran.

    Lorenzo yang start dari grid ketiga harus mengawali racenya dengan buruk. Dia harus diasapi terlebih dahulu oleh Bradley Smith sebelum akhirnya berhasil membalas dendam. Iannone yang juga sempat berada didepan Lorenzo diketahui mengalami masalah pada ban yang sudah habis lebih cepat dari yang lainnya, hingga membuatnya melambat. Lorenzo yang tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini pun segera mendorong motornya 200% untuk menyalip Iannone dan selesai di urutan keempat.

    “Itu adalah race yang sangat sulit, karena sebenarnya aku sedang tidak merasa baik karena penyakit bronkitis dan antibiotik,” kata Lorenzo. “Tapi aku sudah berusaha, aku berjuang keras sepanjang race. Aku kesulitan menandingi kecepatan Valentino dan kedua Andrea (Dovi dan Iannone). Kemudian aku pikir Iannone punya masalah lebih pada ban depan bagian kanannya, jadi aku bisa mnyalipnya dan berada setidaknya di posisi keempat.”

    “Kami sudah mencoba untuk memodifikasi setting, untuk meletakkan beban yang lebih berat pada bagian depan untuk menghemat ban dan mencegah graining. Aku kira itu cukup membantu tapi kami kehilangan traksi hampir di setiap tikungan. Mungkin karena bagian belakang yang terlalu ringan.” Lorenzo bilang keputusannya dalam memilih ban tipe medium juga lebih tepat daripada tipe hard seperti yang dipakai oleh rekan setimnya, Valentino Rossi, yang finish di podium ketiga.

    Lorenzo Austin

    “Ketika kemarin kami mencoba (ban tipe hard), ban mengalami graining lebih parah daripada tipe medium. Selain itu, kondisi ban Valentino saat finish juga lebih buruk daripada banku. Jadi sudah jelas bahwa settingan yang kami terapkan lebih buruk untuk akselerasi, tapi itu menghemat ban depanku. Aku pikir itu pilihan yang bagus, ban medium”

    “Kami menyelesaikan race dengan segala upaya terbaik ditengah keadaan (yang sulit). Disini dan di Qatar dua masalah yang sulit diatasi muncul, tapi kami telah menyelamatkan situasi sebisa kami,” tambah Lorenzo mengingat masalah helm di Losail, dimana saat itu penglihatannya agak terhalang.

    “Tentu saja ini bukanlah hasil yang kami harapkan, tapi kami tak terlalu jauh dengan pemuncak klasemen dan nanti waktu kami akan tiba. Mungkin aku akan fit saat di Argentina. Tahun lalu aku membalap dengan baik disana ketika aku sedang tidak dalam kondisi terbaikku. Sekarang setelah motornya bekerja dengan baik, aku harap aku akan siap secara fisik. Aku punya harapan yang tinggi untuk race Argentina dan trek disana menyenangkan.”

    KOMENTAR