Ford Patenkan Transmisi 11-Percepatan

    Ford Patenkan Transmisi 11-Percepatan

    SHARE

    Ford Patenkan Transmisi 11-PercepatanMESINBALAP.com – Selama puluhan tahun, transmisi otomatis tampak hanya terbatas pada tiga atau empat gigi. Namun seiring berjalannya waktu, dunia otomotif mulai menjumpai rasio lebih yang semakin tersedia.

    Jika kita melihat hari ini, kita akan dapati girboks dengan tujuh-, delapan- atau sembilan-percepatan telah menjadi suatu hal yang biasa. Ford bahkan sudah mempersiapkan 10 gigi untuk mobil pikap F-150 Raptor generasi 2017. Tak berhenti sampai disitu, perusahaan asal Amerika tersebut juga tengah menciptakan inovasi baru, yakni transmisi otomatis 11-percepatan.

    Ternyata Ford telah mengajukan hak paten untuk teknologi tersebut sejak 3 Oktober 2013. Hal ini baru diketahui ketika sebuah dokumen dari U.S Patent and Trademark Office ditemukan oleh AutoGuide, yang dialamnya tertulis, “menghasilkan sebelas rasio kecepatan maju dan satu rasio kecepatan mundur dengan keterlibatan selektif dari tiga unsur pergeseran dalam berbagai kombinasi.”

    Yang juga perlu digaris bawahi dalam dokumen ini adalah bahwa Ford akan menyediakan tiga cara pengaturan transmisi yang berbeda melalui kombinasi kopling, rem dan gigi. Sedangkan keuntungan dari memiliki satu ekstra rasio sendiri adalah supaya gearbox mampu menjaga lebih lama kecepatan rotasi dalam porsi ideal kurva torsi mesin.

    Meskipun keberadaan ide transmisi otomatis 11-percepatan ini telah diketahui umum, namun juru bicara Ford, Paul Seredynski, mengatakan bahwa itu bukan berarti teknologi tersebut akan diaplikasikan pada mobil-mobil produksi Ford di masa mendatang. Memang pengajuan hak paten diperlukan untuk memproteksi ide-ide segar, namun bukan berarti itu akan selalu mengarah pada tujuan bisnis.

    KOMENTAR