Serius, Honda Siapkan CBR250RR V-Twin untuk Pasar Indonesia, Bukan Parallel-Twin

    Serius, Honda Siapkan CBR250RR V-Twin untuk Pasar Indonesia, Bukan Parallel-Twin

    SHARE
    Honda CBR250RR Twin-Cylinder versi Young Machine
    Honda CBR250RR Twin-Cylinder versi Young Machine

    MESINBALAP.com – Pasti ingat dulu sempat muncul isu heboh soal Honda CBR250R 2-Silinder gara-gara majalah otomotif Jepang Young Machine. Waktu itu banyak yang bilang kalo mesinnya menggunakan parallel twin-cylinder, bukan V-Twin.

    Sekarang muncul bocoran baru lagi, sportbike yang digadang-gadang menyandang nama Honda CBR250RR itu akan dibekali mesin V-Twin. Nampaknya ini bukan kabar burung beo saja lantaran sumber internal AHM sendiri yang main bisik-bisik. Berarti waktu itu hanya pengalihan isu donk bro.

    AHM ingin pakai cara nyeleneh untuk masuk ke segmen sport 250cc yang saat ini didominasi Kawasaki Ninja Hatori 250R dan Yamaha R25. Kan CBR250R yang pakai mesin single-cylinder itu tak mampu berbuat banyak alias sedikit sekali yang laku, dibandingkan dengan produk dua silinder Yamaha dan Kawasaki.

    Oleh karena itu AHM ngomong ke Honda Jepang untuk membuatkan produk yang benar-benar baru di segmen sport 250cc, dan AHM memilih konfigurasi mesin V-twin. “Produk ini benar-benar baru, belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Honda”, beber sumber internal AHM kepada Kompas Otomotif beberapa waktu lalu.

    Artinya motor ini mungkin akan punya nilai jual lebih lantaran pakai mesin V-Twin, belum lagi Honda RC213V tunggangan Marc Marquez bisa dijadikan senjata marketing ampuh buat mendongkrak popularitasnya. Kan satu DNA bro, sama-sama pakek mesin berkonfigurasi V, bedanya 1000cc 4-silinder (V4) dan 250cc 2-silinder (V-Twin). Sama kayak R25 yang katanya sih anak cucunya M1.

    Satu DNA dengan Honda RC213V
    Satu DNA dengan Honda RC213V

    Menurut sang pembocor bahwa desain motor ini tidaklah seperti Kawasaki Estrella maupun Ducati Scrambler yang keduanya berdesain retro. Namun sportbike V-Twin tersebut akan berdesain futuristik, itu atas permintaan Honda Jepang sendiri.

    Sport V-Twin Honda ini akan menjalani uji trial pada bulan Februari mendatang produksinya sekitar bulan Juli atau Agustus tahun depan. “Kalau kita mau juga buat bergaya retro, tapi Jepang sepertinya meminta tetap desainnya futuristik. Kalau trial paling Februari sudah mulai, produksinya sekitar Juli atau Agustus 2016”, ungkap sang pembocor.

    Jadi sudah jelas ya motor ini bukanlah produk parallel twin, melainkan V-Twin. Itu kata sang sumber lho… hehehe

    KOMENTAR