MotoGP Argentina 2015 Penuh Drama, Mulai Hernandez Hingga Senggolan Rossi dan Marquez

    MotoGP Argentina 2015 Penuh Drama, Mulai Hernandez Hingga Senggolan Rossi dan Marquez

    SHARE
    Marquez vs Rossi, MotoGP Argentina 2015
    Marquez vs Rossi, MotoGP Argentina 2015

    MESINBALAP.com – Seri ke-3 MotoGP 2015 yang berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin dini hari, memang menyuguhgan aksi penuh drama, terlebih drama layar tancep antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez. Sebelum balapan dimulai Suzuki GSX-RR ditangan Aleix Espargaro sempat bikin was-was, walau akhirnya tak tahan lama.

    Kita ngomongin soal jalannya balapan yang totalnya 25 lap. Di awal lomba start bagus sempat ditunjukan Aleix Espargaro yang menunggang GSX-RR (bukan FU), namun pertarungan sudah terjadi sejak saat itu juga antara Marquez, Aleix dan Jorge Lorenzo. Kan mumpung masih awal, jadi rebutan posisi depan.

    Memasuki lap ke-2 posisi dipegang Marquez, Lorenzo dan Aleix disikat kuda hitam Cal Crutchlow from LCR Honda, sedangkan Rossi masih berjibaku di posisi ke-7. Di lap ke-3 Marquez sudah bikin celah alias GAP dengan pembalap lainnya, dia menggunakan kombinasi ban depan hard dan belakang hard. Sementara Crutchlow membuntuti di posisi kedua.

    Satu lap kemudian komposisi pembalap terdepan adalah Marquez, Crutchlow dan Andrea Dovizioso. Karna gak tahan lama akhirnya Aleix Espargaro mental ke posisi 7, begitu juga dengan Jorge yang ngeden lawan Iannone.

    Sang Ghost Rider Yonny Hernandez
    Sang Ghost Rider Yonny Hernandez

    MM93 jagoan Repsol Honda itu terus membuat GAP semakin jauh saat balapan tercatat 20 lap, pada saat yang sama racing line Crutchlow melebar dan memberikan kesempatan buat pembalap lainnya. Lalu Rossi mengovertake Lorenzo.

    Setelah itu ada insiden kembalinya sang Ghost Rider yakni Yonny Hernandez di lap 19, dimana motor Ducati-nya terbakar, tak hanya asap namun justru api yang berkobar. Maklum saja mungkin karna boros bahan bakar, entahlah. Persaingan juga semakin ketat, dipimpin Marquez, Cal dan Dovi.

    Marquez Tersungkur Setelah Ban Depan Motornya Menyengol Ban Belakang Motor Rossi
    Marquez Tersungkur Setelah Ban Depan Motornya Menyengol Ban Belakang Motor Rossi

    Dua joki Ducati GP15 memberondong Crutchlow di lap 18, alhasil posisi joki satelit Honda itu diambil alih Dovi. Jarak antar pembalap baris kedua pun semakin rapat di lap 17 antara Dovi, Crutchlow, Iannone dan Rossi. Sedangkan Lorenzo terlempar dari 5 besar.

    Aksi Senggol Bacok... Salah Siapa?
    Aksi Senggol Bacok… Salah Siapa?

    Kemudian secara konsisten Rossi terus nyodok ke posisi depan. Lihat saja di lap 16 dimana Rossi masuk posisi 4 besar usai mengovertake Iannone, lalu jabanin Crutchlow saat doi melebar.

    Pada saat demikian lomba tampaknya tidak ada perubahan lantaran jarak Marquez sangat jauh dari pembalap di belakangnya. Namun di lap 15 Rossi mengovertake Dovizioso, otomatis posisi kedua jadi miliknya. Sedangkan mas Ian Kasela gantian ambil posisi Cal.

    Insiden Senggolan Antara Rossi dan Marquez di Race MotoGP Argentina 2015
    Insiden Senggolan Antara Rossi dan Marquez di Race MotoGP Argentina 2015

    Marquez bahkan membuat GAP hingga 4,1 detik di lap 13 dan itu terjadi hingga 10 lap terakhir. Namun siapa sangka Rossi seakan naik jet tempur, tiba-tiba dia mampu memperpendek jaraknya dengan Marquez secara terus menerus. Strategi ban yang dipakek Vale adalah ban depan hard dan belakang extra hard.

    Marquez Terjatuh Usai Senggolan
    Marquez Terjatuh Usai Senggolan

    Barisan lima pembalap terdepan terus saja berubah, si kuda hitam Honda nekat menekuk Iannone kembali. Padahal Crutchlow kan pakek RC213V KW2 bekas tunggangan Stefan Bradl, berarti yang joss itu jokinya.

    Kru Marquez terus kasih aba-aba warning di lap 7 hingga lap 5 terakhir, ehhhh siapa sangka di lap 5 Rossi pecahkan lap rekor sirkuit Termas dengan 1 menit 39.019 detik yang sebelumnya dipegang nama Marc Marquez. Nah habis itulah… habis deh MM. Maksudnya jatuh… hehehe

    Rossi Finish Terdepan di GP Argentina
    Rossi Finish Terdepan di GP Argentina

    Empat lap terakhir The Doctor terus menempel Marquez dan terus mendekat. Ehh 3 lap terakhir mereka berdua siapp keluarin jurus pamungkas, sayangnya belum sempat Marquez mengeluarkan jurus pamungkas eeee sudah K.O duluan di lap ke-2. Itu terjadi lantaran aksi saling senggol usai Rossi mengovertake Marquez.

    Selepas Rossi mengovertake Marquez di lap ke-2 terjadi lah senggolan keras antara kedua. Marquez berusaha menempel Rossi dari sisi kanan tikungan dan sayangnya doi terpental usai ban depan motornya menyenggol ban belakang motor Rossi.

    Begini Gaya Rossi Habis Juara di GP Argentina
    Begini Gaya Rossi Habis Juara di GP Argentina

    Namun Race Direction MotoGP menyatakan tidak ada yang salah atas insiden senggolan tersebut. Alhasil Rossi juara podium pertama, disusul Dovi juara 2 dan Cal Crutchlow naik podium 3 usai menggasak Iannone di tikungan terakhir jelang garis finish.

    Untuk Hasil Race MotoGP Argentina 2015 Silahkan dilihat pada artikel sebelumnya, DISINI.

    GALERI FOTO:

    Photo credits: Dorna Sports SL

    KOMENTAR