Kejurnas Motocross Purwokerto 2015: Knalpot Mumpuni Bikin Kencang Motor Akbar

Kejurnas Motocross Purwokerto 2015: Knalpot Mumpuni Bikin Kencang Motor Akbar

SHARE
Akbar Taufan - Motocross Purwokerto 2015, Minggu 19 April
Akbar Taufan – Motocross Purwokerto 2015, Minggu 19 April

MESINBALAP.com – Sebagai seorang grastracker sejati Akbar Taufan memerlukan perjuangan yang tidak ringan buat menaklukan sirkuit yang memiliki panjang 1200 meter di Kejurnas Motocross 2015 Seri 2 Purwokerto Kelas SE 125cc MX2 Junior Plus. Doski sempat terjatuh di tikungan ketiga, kemudian bangkit dan nggegas lagi.

Hal itu membuat kagum ratusan pasang mata yang menyaksikan jalannya lomba. “Tadi sewaktu mau masuk tikungan, roda belakang sulit dikendalikan akibatnya (motor) sedikit melebar. Untuk performa motor hari ini mantap lah pokok’e. Sirkuitnya juga ideal buat balapan sekelas Kejuaraan Nasional”, cerita Akbar yang mengendarai motor Honda.

Knalpot Special Engine (SE) Akrapovic
Knalpot Special Engine (SE) Akrapovic

Menurut klikers yang berhasil membawa Akbar menaiki tangga juara. Salah satu saluran buang yang sering digunakan pembalap grasstrack terutama untuk kelas MX2 adalah knalpot Special Engine (SE) di event Motocross.

Bahkan hampir semua pembalap menggunakannya. Memang sich knalpot Special Engine diaplikasikan untuk balapan off-road. Dengan pertimbangan bahannya tahan dengan benturan

Akbar Taufan
Akbar Taufan

“Untuk balapan Grasstrack dan Motocross sering terjadi pembalapnya terjatuh atau terbentur dengan benda keras semisal batu. Kalo kita pake knalpot berbahan tipis knalpotnya jadi penyok”, ungkap mekanik dari team AHRS SBT EXEL 100 TRY INK kepada MesinBalap. Dengan dana 11 jeti buat nebus satu buah knalpot. Terus kalo mau bikin motor kayak punya ente biayanya berapa bro…. mahal katanya, doi enggan menyebut jumlah nominalnya.

Satu hal yang perlu kita perhatikan bro, untuk motor yang dapur pacunya sudah dikorek habis sebelum menggunakan knalpot Special Engine volume tabungnya harus kita perbesar dulu biar pembuangan jadi seimbang. Gitu ilmunya sang mekanik Honda ini. Yahh…akhirnya Honda menang juga. Setelah sebelumnya keok di event kejurnas Motoprix.

GALERI FOTO:

KOMENTAR