Chevy Tetapkan Nama ‘Bolt’ untuk Mobil Listriknya

    Chevy Tetapkan Nama ‘Bolt’ untuk Mobil Listriknya

    SHARE
    Chevrolet Bolt EV Concept
    Chevrolet Bolt EV Concept

    MESINBALAP.com – General Motor Co. telah mengkonfirmasi penetapan nama kontroversial ‘Bolt’ untuk mobil listrik murni yang akan diproduksinya. Mobil ini akan memiliki jangkauan 200 mil lebih dan akan dijual diseluruh Amerika Serikat, julukan lengkapnya adalah Bolt EV.

    “Sejak Bolt EV diperkenalkan tiga bulan yang lalu, namanya langsung terhubung dengan Chevrolet,” kata perusahaan dalam statemennya di sebuah email. “Karena itu kami akan menggunakan nama tersebut ketika kendaraan memasuki masa produksi. Bolt EV adalah statemen signifikan dari komitmen Chevrolet pada elektrifikasi dan namanya cocok untuk sebuah kendaraan listrik pembawa perubahan yang dirancang untuk attainability, bukan eksklusivitas.”

    Nama Bolt sendiri telah banyak mendapat kritikan karena terlalu mirip dengan mobil plug-in hybrid, Chevrolet Volt, yang mana kemiripan ini dikhawatirkan akan membingungkan sebagian orang, khususnya para konsumen.

    GM menunjukkan konsep Bolt pada bulan Januari lalu di North American International Auto Show di Detroit dan sebulan kemudian di Chicago Auto Show untuk mengkonfirmasi bahwa mereka akan merakit mobil lima penumpang tersebut di GM Orion Assembly Plant di Orion Township.

    2015 Chevrolet Bolt EV Concept 06

    Juru bicara Chevrolet, Michael Albano mengatakan bahwa GM telah mempertimbangkan keputusan akhir tentang penggunaan nama Bolt EV selama kurang lebih sebulan terakhir. Dalam sebuah email, Albano mengatakan bahwa nama Bolt dikonfirmasi setelah adanya pengecekan dengan pelanggan dan dealer yang menegaskan, “kayakinan kami bahwa nama itu sangat cocok dan keterkaitannya dengan Volt dapat dipandang sebagai suatu hal yang positif.”

    Sumber resmi Chevy tak mengatakan kapan tepatnya proses produksi Bolt akan dimulai, mereka hanya mengatakan bahwa mobil tersebut sedang berada di jalur cepat menuju kesana. Sebuah perusahaan forecasting industri dan analisis, LMC Automotive memperkirakan bahwa penggarapan massal Bolt akan dilakukan di Orion pada akhir 2016, sedangkan pemasarannya baru akan dimulai pada 2017, dengan jumlah produksi tahunan berkisar antara 20.000 sampai 30.000 unit.

    2015 Chevrolet Bolt EV Concept 01

    Bicara soal harga, diperkirakan Bolt EV akan dibanderol $30.000 setelah dikenakan kredit pajak federal sebesar $7.500. GM mengatakan bahwa mereka akan menginvestasikan $160 juta ke Orion untuk keperluan perkakas dan peralatan kendaraan di masa depan. Para pekerja saat ini sedang memproduksi Buick Verano dan Chevrolet Sonic.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR