Mengenang Legenda Speed Six 1930 yang Menang Atas Kereta Ekspress: Bentley Mulsanne...

Mengenang Legenda Speed Six 1930 yang Menang Atas Kereta Ekspress: Bentley Mulsanne Speed ‘Blue Train’

SHARE
Bentley Mulsanne Speed Blue Train Special Edition
Bentley Mulsanne Speed Blue Train Special Edition

MESINBALAP.com – Bentley rayakan 85 tahun race ‘Blue Train’ yang dimenangkan oleh mobil legendarisnya, Speed Six 1930. Race berawal ketika Kapten Woolf Barnato, ketua Bentley Motors pada masa itu, menantang sebuah kereta ekspres Calais-Mediterranee Express atau yang lebih dikenal dengan sebutan Blue Train.

Pada saat itu, di tahun 1930, Barnato sedang berada di hotel Carlton di Cannes, Perancis, dan dia mengklaim bisa mengalahkan kecepatan kereta Blue Train dengan mobilnya, Speed Six yang memiliki bahan bakar 6 setengah liter. Bukan hanya Barnato mengatakan bahwa dirinya bisa mengalahkan kereta itu dalam adu cepat menuju Calais, tapi dia juga bilang bahwa dia akan nongkrong di klubnya di London sebelum kereta itu mencapai Selat Inggris.

Dan pada akhirnya kisah ini hanya menjadi bagian dari masa lampau, Bernato telah membuktikan ucapannya dengan memenangkan balapan tersebut hingga dia menjadi terkenal luas dan membantu memperkuat legenda Bentley sejak awal. Sekarang 85 tahun telah berlalu semenjak peristiwa itu, namun Bentley ingin kembali mengenangnya dengan meluncurkan sedan Mulsane Speed edisi spesial ‘Blue Train’ yang akan menampilkan isyarat desain mewah dengan rasa yang bersejarah.

Bentley hanya akan memproduksi mobil istimewa ini sebanyak empat unit dengan masing-masing mengusung fitur yang ‘menghormati’ Speed Six; seperti velg alloy hitam 21 inchi dengan spek driving Mulliner dan center cap-nya yang sudah dipoles, grill berpola jala persegi, ikon Bentley Drivers Klub yang dipasang pada grill radiator, serta sebuah dashboard unik yang menunjukkan siluet Speed Six lengkap dengan plakat bertuliskan “Blue Train 85 Years” dan Flying B yang terukir pada base.

Bentley Mulsanne Speed 'Blue Train'

Mulsane Speed ‘Blue Train’ diciptakan secara eksklusif untuk pelanggan kontinental di Eropa. Sedan tersebut akan mengawali debutnya di Techno Classica di Essen, Jerman, sebelum akhirnya tersedia untuk diorder. Diperkirakan keempat unit mobil akan terjual dengan cepat.

KOMENTAR