Jelang MotoGP Jerez 2015: Ada Calon Sirkuit Baru Untuk MotoGP

    Jelang MotoGP Jerez 2015: Ada Calon Sirkuit Baru Untuk MotoGP

    SHARE

    MotoGP ARG RACEMESINBALAP.com – Kymi Ring, sebuah sirkuit baru yang sedang dibangun di Finlandia, berencana akan menjadi tuan rumah putaran MotoGP mulai tahun 2017 dan seterusnya, setelah dilaporkan memiliki kesepakatan dengan promotor seri Dorna Sports.

    Dirancang oleh perusahaan Apex Circuit Design milik Clive Bowen, sirkuit baru yang berlokasi di dekat kota Kausala tersebut memiliki panjang 4,8km serta memiliki 15 tikungan, dan saat ini sedang dibangun dengan standar FIM Grade A.

    Penggarapan Kymi Ring sendiri telah dimulai sejak tahun lalu, dan sirkuit ini telah mencapai kesepakatan dengan Dorna Sports untuk menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun 2017, menurut Omnicorse. Tahun lalu, Managing Director Events Dorna, Javier Alonso, juga telah mengunjungi sirkuit tersebut.

    “Trek ini pasti akan disetujui untuk Formula 1, tetapi sebuah grand prix tidak pernah ada dalam rencana,” kata Kari O. Sohlberg, presiden badan nasional Finlandia untuk motorsport.

    “Sebuah balapan F1 bukanlah tujuan yang realistis, karena jumlah uang yang dibutuhkan setiap tahun sangatlah besar sehingga tidak akan mungkin untuk membayar hak-hak. Uang sebanyak ini tak dapat ditemukan hari ini di Finlandia.”

    “Sebaliknya, MotoGP dan Superbike, dan seri seperti GP2, GP3 dan DTM sangat pas dengan rencana kami.”

    KOMENTAR