BMW 7 Series Siap Turunkan Berat Badan Dengan Carbon Fiber

    BMW 7 Series Siap Turunkan Berat Badan Dengan Carbon Fiber

    SHARE
    Prototype BMW 7-Series 2016
    Prototype BMW 7-Series 2016

    MESINBALAP.com – Tidak seperti pabrikan mobil lainnya, BMW memilih untuk mengembangkan sasis mobil plug-in-nya dalam platform yang baru. Memberikan BMW i3 dan i8 body serta sel penumpang yang ringan berbahan carbon fiber.

    Hal ini membantu meringankan keperluan baterai yang berat dalam mendorong drivetrain, namun tampaknya sekarang teknologi penurun berat mobil ini sedang bermigrasi dari i3 dan i8 menuju sedan BMW 7 Series.

    BMW menghabiskan ratusan juta dolar untuk mengembangkan komponen carbon fiber yang lebih murah, termasuk Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP), yang akan digunakan secara ekstensif pada 7 Series yang baru.

    Berbagai foto dan video teaser yang dirilis oleh BMW menunjukkan jumlah yang signifikan akan CFRP, aluminium dan baja ringan berkekuatan tinggi yang digunakan pada sedan besar generasi baru tersebut, memangkas berat mobil sekitar 130 kg jika dibandingkan dengan penggunaan struktur baja tradisional.

    Kompetitor Mercedes-Benz juga sedang mengembangkan carbon core serupa untuk sedan S Class yang baru, yang diperkirakan itu akan dapat mengurangi berat mobil lebih dari 350 kg dibandingkan dengan pemakaian baja murni.

    Sasis BMW 7-Series 2016
    Sasis BMW 7-Series 2016

    Tak ketinggalan, Cadillac CT6 yang baru menggunakan sasis aluminium ringan yang menurut GM itu menjadikannya salah satu sedan mewah teringan yang tersedia di pasaran.

    Namun tak ada satupun pabrikan mobil yang berinvestasi pada carbon fiber segetol BMW, dan penggunaan bahan ringan tersebut akan semakin menyebar ke mobil-mobil mereka yang lainnya. BMW i5 yang akan rilis 2018 juga akan menggunakan bahan carbon fiber.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR