Marquez Tetap Membalap di Jerez, Kata Dokter SSG Bakal Banyak Membantu

    Marquez Tetap Membalap di Jerez, Kata Dokter SSG Bakal Banyak Membantu

    SHARE

    MarquezMESINBALAP.com – Rincian lebih lanjut sudah dibeberkan soal cedera jari yang dialami oleh Marc Marquez pada hari Sabtu lalu. Dr. Xavier Mir, yang melakukan operasi pada rider Repsol Honda tersebut telah mengungkapkan bahwa sebelumnya tangan Marquez sempat ditabrak saat dia mengalami kecelakaan dalam latihan dirt track.

    “Marc jatuh pada hari Sabtu saat ia berlatih dirt track. Sayangnya pembalap di belakangnya menabrak tangannya,” kata Dr. Mir kepada MotoGP.com. “Hal ini menyebabkan pergeseran parah pada jari kelima (jari kelingking) di tangan kirinya.”

    “(Pergeseran) itu begitu buruk sampai-sampai dia berpikir bahwa jarinya terkilir – jari itu keluar dari tempatnya. Dia mencoba untuk memasukkannya kembali ke tempatnya dengan menariknya, tapi karena dia mendengar beberapa suara, dia pun tahu bahwa lebih baik untuk tidak menyentuhnya. Dan saat itulah dia datang ke rumah sakit.”

    Dr. Mir memasukkan plat titanium untuk menstabilkan tulang di jari Marquez yang patah. Dia percaya bahwa juara dunia dua kali tersebut akan dapat mengikuti putaran keempat MotoGP akhir pekan ini di Jerez.

    “Perawatan selama beberapa hari ke depan sebelum Jerez seharusnya seudah bisa mengurangi peradangan, sehingga ia bisa membalap disana,” kata Dr. Mir.

    Marc Marquez & Dr. Xavier Mir
    Marc Marquez & Dr. Xavier Mir

    Dokter menambahkan bahwa teknologi gearshifting terbaru (SSG) yang menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan tuas kopling membuat Marquez berada dalam posisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembalap yang punya kasus serupa beberapa tahun yang lalu.

    “Sangat disayangkan dia terluka tapi dia beruntung lukanya itu ada di tangan kirinya – di MotoGP tuas kopling tidak banyak digunakan,” kata Dr. Mir. “Itu seringnya digunakan di awal lomba, jadi ini cukup membantu kami untuk meminimalisir rasa sakit pada cederanya.”

    “Aku tak bisa mengatakan dia akan 100% fit, tapi kami selalu melihat rider mendorong sampai limit mereka. Jadi aku yakin dia akan bisa membalap dengan baik!”

    KOMENTAR