MotoGP Jerez 2015: Hati-Hati, Marquez Siap Habisi Rossi di Kandangnya

    MotoGP Jerez 2015: Hati-Hati, Marquez Siap Habisi Rossi di Kandangnya

    SHARE
    Marc Marquez, MotoGP Argentina 2015
    Marc Marquez, MotoGP Argentina 2015

    MESINBALAP.com – Dua kali juara dunia MotoGP Marc Marquez telah mengkonfirmasi bahwa dia akan nongol akhir pekan ini Grand Prix Spanyol. Marquez punya plat titanium yang disisipkan ke dalam jari kelingking kirinya setelah tulangnya patah dan tergeser ketika tangannya terlindas dalam kecelakaan dirt track Sabtu lalu.

    Sebuah statement awal dari Repsol Honda hanya mengatakan bahwa Marquez “tidak dikesampingkan” dari Jerez. Dia sudah tertinggal 30 poin di belakang pemimpin klasemen, Valentino Rossi, jadi pasti akan mengejutkan seandainya dia memilih untuk absen dari balapan kali ini.

    MM93
    MM93

    Selepas check-up pasca operasi, Dr. Xavier Mir memberikan penilaian yang positif tentang peluang Marquez untuk kembali beraksi akhir pekan ini. Dan setelah pemeriksaan lebih lanjut, joki berusia 22 tahun tersebut mendapat lampu hijau untuk membalap di Jerez.

    “Hari ini aku menjalani pemeriksaan dengan Dr Mir, dan dia menegaskan bahwa lukaku sembuh dengan baik dan terlihat baik,” kata Marquez. “Dia melepas semua gips yang terpasang dan sekarang aku telah mulai melakukan praktek fisioterapi dengan beberapa gerakan aktif dan pasif.”

    “Jariku akan diperiksa di Jerez selepas setiap sesi dan perbannya akan diganti.”

    “Aku sangat termotivasi untuk Grand Prix ini, karena itu adalah yang pertama dari tahun ini di Spanyol, aku memiliki fans tuan rumah di sana dan aku memiliki beberapa kenangan yang baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sayang sekali aku cedera, tapi aku berharap bahwa itu tidak akan terlalu mempengaruhi penampilanku dan supaya aku bisa mendapatkan hasil yang besar di depan para fans.”

    Marc Marquez Repsol Honda

    Dengan adanya cidera ini berarti Marquez harus menghadapi kerja yang lebih keras dalam mencegah Rossi meningkatkan kedekatannya dengan gelar juara dunia. Disamping itu, selain melihat dari sisi Marc, tentu kita juga tak lupa bahwa The Doctor adalah rider yang hebat dengan skill yang rumit, bisa dibayangkan saat ini dia sedang berfikir untuk menang lagi.

    Marquez Podium GP Austin
    Marquez Podium GP Austin

    Marquez finish kelima di seri pembuka musim di Qatar setelah dia melakukan kesalahan di putaran pertama, lalu kemudian dia menang dari pole position di Texas, dan terjatuh setelah kalah dalam pertempuran keras melawan Rossi di Argentina.

    Dengan semua kejadian yang telah berlalu tersebut, Marquez – yang ingin memperpanjang rekor sempurnanya dalam meraih gelar juara MotoGP serta menjadi orang Spanyol pertama yang memenangkan gelar juara kelas premier tiga kali berturut-turut – kini hanya berada di urutan kelima dalam klasemen.

    Marc Marquez & Hiroshi Aoyama
    Marc Marquez & Hiroshi Aoyama

    Hal ini berbanding terbalik dari musim lalu dimana dia bisa memenangkan sepuluh balapan pertama, termasuk Jerez, dia bahkan menyeberangi garis finish dengan jarak 1,4 detik di depan Rossi.

    Marquez juga pernah mengalahkan kekurangannya 30 poin – yang sama dengan saat ini – hingga akhirnya dia berhasil memenangkan gelar juara MotoGP 2013 sebagai seorang rookie. Itu adalah musim dimana kedua rival terdekatnya, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, mengalami patah tulang selangka.

    Hiroshi Aoyama Masih Jadi Pengganti Dani Pedrosa
    Hiroshi Aoyama Masih Jadi Pengganti Dani Pedrosa

    Pada musim itu juga Marquez meretakkan jari kelingking kanannya (dan jari kaki) saat latihan di Assen, tapi masih bisa finish podium kedua dalam balapan. Meskipun pada saat itu cederanya tidak memerlukan operasi. Waspadalah-waspadahl, gitu pesan ban Napi…. hehehe

    Sementara Marquez telah dikonfirmasi akan tampil, Repsol Honda tetap tidak akan menghadirkan rekan setimnya, Pedrosa, yang melewatkan tiga race secara berturut-turut setelah operasi arm-pump. Test rider Hiroshi Aoyama lagi-lagi akan menggantikan posisi Pedrosa.

    KOMENTAR