Chevrolet Berharap Hal Besar Dari Kargo Kecilnya

    Chevrolet Berharap Hal Besar Dari Kargo Kecilnya

    SHARE
    Chevrolet City Express 2015
    Chevrolet City Express 2015

    MESINBALAP.com – Membuka kembali lembaran masa lalunya, Chevy mencoba memikat pemilik bisnis kecil dengan kargo van barunya yang berukuran mini, Chevrolet City Express. Tampaknya mereka memandang bahwa zona bisnis kecil adalah sebuah pasar yang panas karena saat ini entrepreneur terus bermunculan.

    City Express melanjutkan tradisi lama yang sudah dibawa sejak 1936 oleh Chevrolet Canopy Express, yang dahulu digunakan para pedagang kaki lima untuk menjual bunga, makanan serta produk-produk lainnya dari belakang mobil. Hal ini kemudian diikuti oleh Chevrolet Canopy 1949, sebuah kendaraan lain yang mulai menemukan pengusaha yang siap untuk jadi pemiliknya.

    “Tujuan dari usaha kecil tidaklah berubah, mereka selalu mencari cara untuk menjual produk mereka dan memberikan layanan kepada pelanggan mereka dengan cara yang paling efisien dan biaya seefektif mungkin,” kata Ed Peper, wakil Presiden Fleet & Komersial General Motors.

    City Express merupakan mobil van berukuran kecil dengan konsumsi bahan bakar yang efisien hingga mencapai 24 mpg atau 11,8 liter/100 km di jalanan kota. Untuk harganya sendiri, Chevy mematok $22.950 atau sekitar Rp296 juta.

    Tahun lalu, produsen mobil asal Amerika tersebut telah berhasil menjual 2.033.442 unit kendaraan dengan 7% diantaranya secara langsung terikat pada bisnis kecil.

    1939 Chevrolet Half Ton Canopy Express
    1939 Chevrolet Half Ton Canopy Express

    Chevy telah memasarkan City Express melalui berbagai majalah seperti Entrepreneur. Perusahaan juga akan menghadiri acara Small Business Expo di Dallas pada tanggal 14 Mei dan di New York City pada 4 Juni mendatang. Selain itu, sejumlah kontes juga telah digelar untuk menghadiahkan City Express kepada para penusaha yang berhasil membuat esai video terbaik.

    “City Express merupakan kendaraan yang ideal untuk kegiatan bisnis kecil, dan kami melihat bisnis seperti perusahaan katering BBQ dan perusahaan keamanan media sudah menambahkan kendaraan tersebut kedalam armada mereka,” kata Peper.

    Chevy memiliki sejarah yang panjang dengan mobil truk dan usaha kecil. Selama tahun 1936 dengan model pertamanya, automaker tersebut telah berhasil menjual 200.000 unit kendaraan Canopy Express yang kemudian menjadi sebuah bisnis besar. Tiga belas tahun kemudian, generasi kedua dari Chevrolet Canopy Express diresmikan.

    1949 Chevrolet Canopy Express
    1949 Chevrolet Canopy Express

    “Sebelum pasar-pasar super menjadi hal yang biasa, vendor membawa produksi dan barang-barang mereka kepada masyarakat pembeli di lingkungan kota dan pinggiran kota yang kemudian mulai menyebar hingga ke seluruh penjuru negeri pada waktu itu,” kata Greg Wallace, manajer General Motors Heritage Center.

    “Jenis body Canopy Express cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan akses mudah ke bagian dalam truk.” Generasi pertama dan kedua dari kendaraan tersebut kini telah menjadi pelopor lahirnya Chevrolet City Express.

    “Sampai hari ini, pemilik usaha kecil harus tetap lincah dalam lingkungan bisnis yang ramai dan masih dapat menjangkau pelanggan mereka di waktu yang tepat,” tambah Peper.

    KOMENTAR