Pasar Kurang Bersahabat, AHM Ubah Target Penjualan

    Pasar Kurang Bersahabat, AHM Ubah Target Penjualan

    SHARE

    Honda CB150R StreetFireMESINBALAP.com – PT. Astra Honda Motor (AHM) terpaksa harus mengubah target penjualannya tahun ini karena kondisi pasar yang tak sesuai dengan ekspektasi. Keputusan ini diambil setelah perusahaan melihat tren penjualan yang mengalami penurunan sejak bulan Januari lalu. Namun terlepas dari hal itu, AHM masih berharap untuk bisa memperluas jangkauan pasarnya.

    Pada kuartal pertama 2015 ini, pasar sepeda motor secara keseluruhan turun 19 persen dari tahun 2014. Harga komoditi yang merosot diduga kuat menjadi faktor utama loyonya pasar. Jelas nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika telah mengakibatkan lonjakan harga untuk berbagai jenis kebutuhan pokok.

    Sehingga tak mengherankan jika daya beli konsumen pun jadi menurun lantaran hal ini. Menurut penuturan Wakil Presiden Eksekutif AHM, Johannes Loman, bagaimanapun juga, kebutuhan primer yang jauh lebih penting pasti akan didahulukan oleh konsumen daripada kebutuhan untuk membeli sebuah motor, apalagi sekarang ini harga bensin juga naik.

    Sepanjang kuartal pertama tahun ini, Honda telah mencatatkan angka penjualan yang mencapai 1,09 juta unit, ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 1,25 juta unit. Untuk total pasarnya sendiri juga turun dari 1,98 juta unit di 2014 menjadi 1,6 juta unit di 2015.

    Kendati demikian, AHM sebetulnya masih melihat kenaikan pangsa pasar dari tahun sebelumnya yang mencapai 64 persen, kini menjadi 68 persen. Tetapi dengan pemikiran yang lebih realistis, AHM telah menggeser turun target penjualan mereka dari yang awalnya 5,05 juta unit – angka yang sama dengan tahun lalu – menjadi 4,7 juta unit sampai bulan Desember mendatang.

    KOMENTAR