Tes MotoGP Jerez 2015: Aprilia Jajal SSG, Bautista Langsung Melejit

    Tes MotoGP Jerez 2015: Aprilia Jajal SSG, Bautista Langsung Melejit

    SHARE
    Alvaro Bautista geber Aprilia RS-GP dalam Tes MotoGP Jerez, Senin 4 April 2015
    Alvaro Bautista geber Aprilia RS-GP dalam Tes MotoGP Jerez, Senin 4 April 2015

    MESINBALAP.com – Aprilia RS-GP akhirnya dibekali piranti seamless-shift gearbox (SSG) yang baru saja dijajal di Sesi Pembuka Tes MotoGP Jerez, Senin kemarin. Transmisi canggih ini langsung dicicipi mantan joki Honda yakni Alvaro Bautista.

    “Hari ini adalah hari yang sangat positif. Untuk pertama kalinya kami menggunakan seamless gearbox dengan pembalap resmi kami”, ujar Romano Albesiano selaku manajer Aprilia Racing.

    Hasil awalnya memang belum terlalu mantab. Namun, Bautista langsung bisa mencetak catatan waktu 1 menit 39.766 detik, yang membuatnya melejit ke posisi 11 di akhir sesi pertama tes Jerez kemarin. GAP-nya 1.258 detik dari Jorge Lorenzo dab doi pun sangat senang dengan hasil tersebut.

    “Alvaro sangat menyukainya dan langsung menemukan manfaat nyata dibandingkan dengan gearbox konvensional. Jadi itu suatu keberhasilan, berarti sekarang kami harus bekerja keras agar bisa menggunakannya dalam balapan secepat mungkin”, beber Albesiano via rilis Aprilia Racing.

    Catatan waktu tersebut beda tipis dengan yang lap time yang dicetak Bautista di sesi Kualifikasi Q1 MotoGP Jerez akhir pekan lalu yakni 1 menit 39.612 detik. Sewaktu Q1 tentu Bautista tampil ngeden alias pol-polan, kalau saat tes kan bisa lebih rileks karena tak ada tekanan.

    Mari kita bandingkan dengan catatan waktu hasil latihan bebas (free practice) pada hari Jum’at-Sabtu yang lalu. Di FP1 catatan Bautista 1 menit 41.416 detik, di FP2 membaik jadi 1 menit 40.752 detik, lalu di FP3 mengerucut jadi 1 menit 39.724 detik (ini sudah mentok) dan FP4 naik lagi jadi 1 menit 41.264 detik.

    Albesiano mengatakan bahwa perangkat SSG ini pada dasarnya sudah siap, hanya saja masih perlu dipoles lagi. Harapannya dalam dua atau tiga race mendatang piranti SSG ini sudah siap ditanamkan di mesin Aprilia RS-GP, kata Albesiano paling lambat di GP Catalunya Spanyol.

    “Saya pikir kami bisa menggunakannya segera dalam dua atau tiga balapan berikutnya. Aku ingin menggunakannya di Mugello atau paling lambat di Barcelona (GP Catalunya)”, tulisnya.

    KOMENTAR