Kelarisan Toyota Avanza Tak Direncanakan Sebelumnya

    Kelarisan Toyota Avanza Tak Direncanakan Sebelumnya

    SHARE

    Toyota AvanzaMESINBALAP.com – Kalau ngomong-ngomong soal Avanza, semua orang pasti tahu bahwa low MPV Toyota ini adalah juaranya dalam hal penjualan. Ya, karena sampai sekarang gelar mobil paling laris masih dipegang erat olehnya, sebuah bukti bahwa model dengan sistem rear wheel-drive ini sangat digandrungi oleh para pembeli.

    Avanza sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003. Menurut Toyota Astra Motor, sejak debut pertamanya sampai bulan Maret tahun ini, mobil tersebut sudah mencatatkan angka penjualan total mencapai 1.308.183 unit. Ini merupakan rekor yang luar biasa dan sampai saat ini masih belum tertandingi oleh model-model dari brand lain.

    GM Corporate Planning & Public Relation PT TAM Widyawati Soedigdo mengatakan bahwa dahulu tidak ada rencana untuk membuat Avanza menjadi selaris ini. Ketika mobil tersebut pertama kali launching, Widya masih berada di divisi product planing, dan target penjualan waktu itu adalah 2.500 unit per bulan. Tapi siapa sangka kenyataan malah mobil tersebut bisa terjual sampai 10.000 unit per bulan.

    Menyesuaikan keadaan dengan pengalaman sebelumnya, Avanza generasi kedua pun dirilis pada awal 2012 dengan target penjualan 10.000 unit per bulan.

    Dan seiring berjalannya waktu, sekarang angka itu sudah menjadi hal yang biasa bagi Avanza, sampai saat ini mobil tersebut belum pernah mencatatkan penjualan bulanan kurang dari 10.000 unit.

    Pada bulan Maret tahun ini Avanza menyentuh angka penjualan hingga 13.120 unit dan telah menguasai sebanyak 52,6 persen dari total pasar low MPV.

    KOMENTAR