Lotus Akan Kembangankan Crossover di China

Lotus Akan Kembangankan Crossover di China

SHARE
Lotus APX Concept 2006
Lotus APX Concept 2006

MESINBALAP.com – Lotus berkeinginan untuk mengembangkan sebuah mobil crossover lima pintu yang akan diproduksi di China. Dalam wawancara terbarunya, Direktur Utama Lotus, Jean-Marc Gales, mengkonfirmasi bahwa memang benar produsen mobil asal Inggris tersebut saat ini sedang menggarap sebuah crossover sebagai bagian dari rencana jangka panjangnya.

Sejauh ini masih belum ada kejelasan tentang seperti apa desain dari mobil tersebut serta fitur apa saja yang akan dibawanya. Hanya saja presiden Lotus mengatakan bahwa crossover baru ini bisa saja menjadi SUV ringan pertama (target mereka adalah sekitar 200kg lebih ringan dari Porsche Macan) yang akan dengan bangga mengenakan lencana Lotus.

Perakitan mobil ini akan dilakukan di sebuah pabrik yang khusus dibangun di wilayah China tenggara, penjualannya juga akan pertama kali dimulai dari sana. Lotus telah bekerjasama dengan dua automaker Proton dan Goldstar Heavy Industrial untuk mendukung keberlangsungan proyek ini.

Meskipun mobil SUV-nya akan dibuat di China, namun Lotus mempertimbangkan perluasan pasar ke Eropa dan Jepang. Peluncuran crossover ini akan menandai tahap ketiga dari strategi tiga bagian seperti yang diuraikan oleh Gales.

Tahap pertama mencatat angka penjualan 2.000 unit dan kembali ke profitabilitas, itu sudah hampir tercapai. Tahap yang berikutnya adalah menjual 4.000 unit per tahun. Dan nanti saat SUV baru ini mulai dijual, Lotus akan coba pasang target global sales 10.000 unit.

KOMENTAR