Next Nissan GT-R Akan Mengusung Mesin V6 Milik GT-R LM NISMO

    Next Nissan GT-R Akan Mengusung Mesin V6 Milik GT-R LM NISMO

    SHARE
    Nissan 2020 Concept Vision Gran Turismo
    Nissan 2020 Concept Vision Gran Turismo

    MESINBALAP.com – Sebenarnya setiap model GT-R selalu muncul dengan membawa gebrakan. Namun sekarang seorang engineer Nissan telah mengungkapkan bahwa generasi baru Nissan GT-R ‘R36’ akan sekali lagi menarik perhatian dunia dengan powerplant canggih yang tidak pernah dipakai oleh versi GT-R lainnya.

    Menurut direktur teknis GT-R LM Nismo, Ben Bowlby, mesin V6 3.0-liter twin-turbocharged serta sistem hybrid yang biasa menggerakkan FWD radikal GT-R LM Nismo nantinya akan diinstall ke dalam Nissan GT-R. Secara keseluruhan, unit penggerak tersebut mampu memproduksi power 1250 HP dalam wujud balapnya. Namun saat perlengkapan elektroniknya dilepas, diperkirakan tenaganya akan tersisa 557 HP atau sedikit diatas itu.

    Bowlby, dalam sebuah wawancaranya dengan Top Gear, mengungkapkan bahwa mesin V6 3.0-liter itu sangat relevan untuk dipakai di jalan umum. Dengan direct injection, teknologi pembakaran serta integrasi dari sistem turbo dan intake; mesin tersebut cocok untuk dipasang di mobil GT-R.

    “Jika itu adalah sebuah mesin yang gila – super ringan dengan nyawa yang singkat – kenyataannya mungkin itu tidak akan cocok. Tapi itu berputar seperti layaknya mobil di jalan umum – 6.50 0rpm – dan benar-benar sosok leluhur awal bagi mesin Nissan GT-R di masa depan,” kata Bowlby.

    Selain percaya dengan performa output dari mesin twin-turbo hybrid itu, Bowlby juga meyakini bahwa jantung yang baru ini akan sangat efisien. Dan seperti inilah penuturannya:

    Nissan Vision GT Concept
    Nissan Vision GT Concept

    “Aku pikir itu adalah perkembangan yang sangat penting bahwa kami mengambil jalan pintas dengan mesin mobil balap. Kami membuktikan bahwa kau bisa mendapatkan efisiensi dan mesin yang sangat kuat (pada saat yang bersamaan) – kami punya power yang kurang lebih sama seperti mobil jalanan (kurang lebih 557 HP), tapi kami hanya membakar sekitar sepertiga dari bahan bakar.”

    Detail lebih lanjut mengenai Nissan GT-R yang baru masih sangat terbatas, tapi jika menilai dari gambar diatas, jelas mobil itu banyak mengusung bahasa desain yang sama dengan konsep Vision GT 2020.

    KOMENTAR