Adik Toyota Avanza & Daihatsu Sedang Digodok

    Adik Toyota Avanza & Daihatsu Sedang Digodok

    SHARE
    Daihatsu UFC-3 Concept
    Daihatsu UFC-3 Concept

    MESINBALAP.com – Baru rayakan produksi ke-4 juta, PT Astra Daihatsu Motor siapkan sesuatu yang istimewa. Prijono Sugiarto, selaku Presiden Direktur Astra International yang merupakan induk perusahaan ADM, menyatakan bahwa dirinya telah memberikan approval kepada salah satu produk yang mengusung merek ganda.

    Produk yang dimaksud Prijono tersebut tidak lain adalah konsep UFC-3 yang digadang-gadang bakal jadi penerus sepasang saudara kembar, Avanza dan Xenia. Konsep ini merupakan sebuah MPV yang punya kapasitas tujuh penumpang dan itu sebelumnya sudah pernah muncul di International Indonesia Motor Show 2014.

    Prijono menyatakan bahwa dana investasi sebesar lebih dari Rp 1 triliun telah siap untuk digelontorkan demi mendukung lahirnya produk baru ini. Soal dasar pengembangannya, calon suksesor Avanza-Xenia akan mengadopsi platform dari dua mobil kota, Agya dan Ayla, yang mana keduanya juga merupakan hasil kolaborasi dari Toyota dan Daihatsu pada 2012 lalu.

    Kali ini, kedua perusahaan tersebut tampaknya siap untuk kembali meluncurkan model tunggal dengan dua brand yang berbeda dari masing-masing. Jika dihitung-hitung, sebelumnya sudah ada tiga pasang saudara kembar yang meluncur melalui proyek serupa dari Toyota dan Daihatsu, selain dari Avanza-Xenia dan Agya-Ayla, yang satu lagi adalah Rush-Terios.

    Dan seperti sebelumnya, tugas produksi akan diemban oleh PT Astra Daihatsu Motor, namun untuk pemasarannya akan dilakukan juga oleh Toyota – yang kemungkinan kuat bakal membidik segmen yang lebih tinggi. Sekarang kalau bicara soal kapan rilisnya, maka ada dua sumber informasi yang bertentangan. Kalau kata Prijono sih tahun depan, tapi menurut Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, waktu rilisnya tak tentu, tapi sepertinya “bukan tahun depan.”

    KOMENTAR