BMW, Audi dan Mercedes-Benz Kompak Ingin Beli Nokia Here

    BMW, Audi dan Mercedes-Benz Kompak Ingin Beli Nokia Here

    SHARE

    Nokia Here CarMESINBALAP.com – Tiga pabrikan mobil Jerman yakni BMW, Audi dan Mercedes-Benz saat ini sedang merencanakan untuk membentuk sebuah kemitraan. Bersama dengan raksasa China, Baidu, untuk berinvestasi atau mengakuisisi “Here”, sebuah sub-divisi dari Nokia yang menyediakan layanan mapping.

    Menurut sejumlah orang yang paham tentang situasi ini, Nokia “Here” mempunyai nilai jual lebih dari €2 miliar (Rp 44,2 triliun). Sumber yang sama juga mengatakan bahwa BMW, Audi dan Mercedes-Benz sangat khawatir tentang ambisi Silicon Valley.

    Sehingga mereka bersatu untuk mencaplok unit pemetaan Nokia demi mencegah raksasa teknologi seperti Google, Apple dan Facebook agar tidak mendapatkan kontrol dari bagian penting teknologi self-driving serta layanan digital dalam mobil.

    “Ancaman terbesar bagi industri otomotif saat ini adalah kemungkinan bahwa Google akan mengembangkan sebuah sistem operasi untuk mobil self-driving, lalu menyediakannya secara gratis untuk semua orang,” kata salah seorang sumber. “Kami memerlukan map ini untuk sistem operasi dalam mobil.”

    Sekarang pembicaraan mengenai akuisisi ini telah mencapai tahap final dan sepertinya dalam dua minggu kedepan akan dapat diketahui hasilnya. Ketiga produsen mobil asal Jerman tersebut benar-benar berniat untuk menguasai kendali mayoritas. Namun tampaknya Nokia juga masih ingin memegang “Here”, atau setidaknya tetap punya saham kecil.

    Nokia Here
    Nokia Here

    Para ahli industri menjelaskan bahwa “Nokia Here” saat ini merupakan sebuah layanan pemetaan digital yang paling maju di dunia, maka jelaslah bahwa itu sangat penting bagi para raksasa Jerman untuk dapat menguasai teknologi ini demi membantu mereka dalam mengembangkan mobil self-driving masa depan.

    KOMENTAR