Jaguar Patenkan Teknologi Kontrol Wiper Dengan Mata

    Jaguar Patenkan Teknologi Kontrol Wiper Dengan Mata

    SHARE

    Jaguar Land RoverMESINBALAP.com – Ketika naik mobil di malam hari saat cuaca hujan, sudah jadi masalah biasa ketika pengemudi mengecek kaca belakang dan mendapatinya dalam kondisi berkabut. Hal ini umumnya disebabkan oleh wiper yang tidak tepat waktu dalam membersihkan kaca – dan Jaguar Land Rover mungkin akan punya solusi untuk masalah ini.

    Paten baru milik perusahaan asal Inggris tersebut yang ditemukan oleh Gizmag rencananya akan menggunakan teknologi eye-tracking untuk memastikan wiper belakang bekerja secara otomatis dan menjadi responsif terhadap isyarat pengemudi.

    Sistem ini terdiri dari sejumlah sensor tracking yang mampu mendeteksi gerak-gerik mata serta kepala pengemudi. Sensor akan mengaktifkan wiper dengan segera ketika sikap pengemudi mengindikasikan bahwa dia akan melihat kaca belakang.

    Sebagaimana tertulis dalam paten Jaguar, sistem wiper yang terdapat pada kebanyakan mobil saat ini bisa membahayakan, karena dinilai tidak memenuhi standar keselamatan.

    Seringkali pengemudi menggunakan kaca spion untuk melihat ke belakang, dan pada saat itu mungkin kaca belakang sedang tidak bersih atau kabur, karena wiper beroperasi pada frekuensi pra-program, yang menjadikannya tidak responsif terhadap lingkungan atau sikap orang yang ada di belakang kemudi.

    Masalah ini dapat menyebabkan pengemudi melihat ke bawah dan secara manual menyesuaikan kontrol wiper – suatu hal yang sangat berbahaya jika dilakukan ketika sedang berkendara di cuaca hujan atau bersalju, dimana pengemudi harus terus memperhatikan jalan sepanjang waktu.

    Jaguar mengajukan hak paten ini pada tahun 2013, namun dokumennya baru diterbitkan oleh U.S. Patent and Trademark Office pada hari Selasa lalu.

    KOMENTAR