Analisa Rossi Soal Performa Yamaha M1 dan Honda RC213V di MotoGP Le...

    Analisa Rossi Soal Performa Yamaha M1 dan Honda RC213V di MotoGP Le Mans 2015

    SHARE
    Valentino Rossi finish kedua di MotoGP Le Mans, Perancis, Minggu 17 Mei 2015
    Valentino Rossi finish kedua di MotoGP Le Mans, Perancis, Minggu 17 Mei 2015

    MESINBALAP.com – Valentino Rossi semakin kokoh di puncak klasemen MotoGP 2015 dengan mengantongi 102 poin setelah meraih podium kedua di GP Le Mans, Minggu kemarin. Mengawali balapan dari posisi ke-7, joki legendaris ini tunjukan teknik mautnya yakni teknik rahasia yang tak pernah ia beberkan kepada siapapun termasuk MM.

    Seperti biasanya kan Rossi memang begitu bro, pelan-pelan saat kualifikasi dan latihan bebas, lhooo saat balapan tiba-tiba bisa naik podium – itulah Rossi. Yaelah kan waktu free practice dia lagi nyari setingan M1 biar pas mantabbb, katanya begitu.

    Namun saat latihan bebas ternyata belum ketemu juga setingannya, akhirnya langkah terakhir wajib dilakukan yaituuu… “Di sesi warm-up pagi kami melakukan beberapa modifikasi pada M1, harapkanku biar lajunya lebih baik”, beber Rossi.

    “Jadi kami memutuskan untuk berjudi dan mengambil sedikit resiko, ternyata itu keputusan yang tepat karena M1 gak fantastis saat balapan.”

    Rossi mengaku sempat melakukan kesalahan kecil saat mengovertake Marquez yakni terlalu agresif tatkala berpindah haluan. Namun doi langsung minta maap kepada Markes.

    Rossi overtake Marquez untuk rebut posisi ke-4
    Rossi overtake Marquez untuk rebut posisi ke-4

    “Ketika menyalip Marquez aku melakukan kesalahan kecil saat mengerem dan aku terlalu cepat. Biasanya jika anda terus mengerem, itu terlalu riskan karena terkadang anda bisa kehilangan bagian depan motor dan kemudian membuat pembalap lain melebar”, cerita The Doctor.

    “Jadi aku harus melepaskan rem dan mengovertake Marquez. Aku harus bilang sorry buuanget kepada Marc karena aku membuatnya sedikit melebar.”

    Sejalan dengan apa yang diucapkan Jorge Lorenzo, Rossi juga mengatakan bahwa musim ini M1 jauh lebih kompetitif terutama di sektor pengereman. Tau sendiri kan tahun lalu salah satu kelemahan M1 ada di titik ini yakni remnya blong. hehehe

    Rossi sapa penggemarnya usai rebut podium kedua
    Rossi sapa penggemarnya usai rebut podium kedua

    “Marc tahun lalu jauh lebih cepat dari kami dalam hal pengereman. Jadi dia punya keuntungan besar karena dia juga bisa mengerem sangat mendalam, dia dapat mengontrol Honda RC213V lebih baik”, lanjut Rossi.

    “Kami bekerja sepanjang musim, sepertinya tahun ini motor kami Yamaha M1 jauh lebih baik di sektor pengereman. Jadi kami bisa memanfaatkan keunggulan ini selama memasuki tikungan tapi pada saat yang sama kami tidak terlalu banyak mengerem dibandingkan Marquez”, jelas Rossi yang kini unggul 33 poin dari MM.

    KOMENTAR