Ford GT Mampu Memompa Tenaga Hingga 700 HP

    Ford GT Mampu Memompa Tenaga Hingga 700 HP

    SHARE
    Ford GT Electronic Sensors
    Ford GT Electronic Sensors

    MESINBALAP.com – Ketika Ford mengejutkan semua orang dan memperkenalkan all-new GT di ajang pameran Detroit Auto Show pada bulan Januari lalu, mereka mengumumkan bahwa supercar barunya tersebut akan memiliki tenaga diatas 600 HP.

    Tapi sepertinya di dalam pengumuman itu telah terjadi salah sebut angka. Sebuah laporan yang bersumber dari Car & Driver telah mengungkap adanya informasi baru tentang GT 2017.

    Laporan menyebutkan bahwa Ford, dalam sebuah media event terkini, mengatakan bahwa mesin EcoBoost V6 3.5-liter twin-turbo yang diusung oleh GT akan mampu memompa power setidaknya sebesar 700 HP. Mesin tersebut mempunyai dimensi bore dan stroke yang sama seperti mesin mobil Ford yang lain, yakni 92.6mm x 86.7mm.

    Menguak detail lebih lanjut, engineer Ford Performance saat ini sedang melakukan pengujian dengan velg serat karbon dan aluminium forged untuk mengetahui mana yang berfungsi lebih baik. Mereka juga mempertimbangkan penggunaan skema lima baut dan retensi center-lock.

    Itu semua masih dalam tahap pertimbangan, namun satu hal yang pasti adalah supercar GT akan memiliki kaliper Brembo opposed piston dan rotor rem keramik karbon.

    Ford GT Microprocessors
    Ford GT Microprocessors

    Ford GT 2017 dipastikan akan jauh lebih canggih dari pendahulunya, mobil tersebut menawarkan berbagai fungsi yang sebelumnya tidak ada; termasuk empat mode berkendara yang berbeda (Normal, Sport, Track dan Wet), active aerodynamics, variable damping serta advanced traction and stability-control programs.

    Untuk melengkapi seluruh teknologi ini, GT akan dibekali dengan lebih dari 50 sensor, 28 mikroprosesor yang menganalisis 300 megabyte data per detik serta 6 jaringan CAN yang mampu membawa 3000 pesan digital yang berbeda.

    Ford GT 2017
    Ford GT 2017

    Produksi pertama dari Ford GT 2017 akan dirilis pada akhir tahun 2016, dengan harga yang diperkirakan bakal melambung setinggi $400.000 atau sekitar Rp 5,2 miliar. Rencananya, produksi per tahun dari kendaraan tersebut akan dibatasi oleh Ford sampai 250 unit saja, namun kemungkinan besar jumlah keseluruhan yang bakal meluncur tidak akan melebihi angka 1000 unit.

    KOMENTAR