Google Siap Uji Mobil Self-Driving Berbentuk Gelembung

    Google Siap Uji Mobil Self-Driving Berbentuk Gelembung

    SHARE
    Prototipe Mobil Self-Driving Google Siap Diuji Coba di Mountain View, California
    Prototipe Mobil Self-Driving Google Siap Diuji Coba di Mountain View, California

    MESINBALAP.com – Dunia saat ini sudah selangkah lebih dekat menuju hari dimana orang-orang bisa naik mobil ke tempat kerja sambil sarapan dan menyeruput secangkir kopi. Sedikit menghadirkan cita rasa seperti di warung, atau mungkin juga bisa sambil SMSan dan buka laptop, pokoknya bisa santai tanpa fokus ke jalan.

    Google sekarang sedang mencoba untuk mendekati hari itu. Raksasa teknologi tersebut baru-baru ini mengumumkan bahwa kendaraan self-driving ciptaannya telah siap lepas landas dan meninggalkan trek pengujian untuk langsung ngaspal di Mountain View, California pada musim panas ini.

    Mobil berbentuk gelembung yang tak memiliki pedal, setir, serta berbagai perlengkapan mobil reguler tersebut rencananya akan melaju pelan-pelan terlebih dahulu. Mungkin untuk tes perdananya di jalan raya, yang terpenting adalah tidak nyungsep.

    Nyatanya, mobil yang kelihatannya “pintar” itu tidak mempunyai perlengkapan keamanan yang memadai; tak ada air-bag maupun fitur-fitur keselamatan lain yang secara federal dibutuhkan. Praktis, si gelembung tak bisa melaju diatas 40 km/jam. Namun itu tak jadi masalah, karena ini bukanlah uji nyali kecepatan, melainkan hanya untuk melihat sejauh mana kemampuan mobil tersebut dalam menjelajahi jalanan umum.

    Dengan konstruksi elektrik yang diusungnya, prototype Google itu jelas akan bersikap ramah terhadap lingkungan. Untuk jangkauannya dalam sekali cas bisa mencapai 130 km.

    Sebelumnya, rencana mengenai proyek mobil self-driving ini sendiri sudah pernah diungkap ke publik, dan tentu kita tahu bahwa pengujian di Mountain View hanyalah satu tahapan awal dari serangkaian riset dan pengembangan yang sedang dilakukan oleh Google. Jadi akan ada lanjutannya di kemudian hari, tunggu saja.

    KOMENTAR