Toyota dan Mazda Siap Kolaborasi Di Sektor Teknologi

    Toyota dan Mazda Siap Kolaborasi Di Sektor Teknologi

    SHARE
    Akio Toyoda Masamichi Kogai
    Akio Toyoda (Presiden Toyota) dan Masamichi Kogai (Presiden & CEO Mazda)

    MESINBALAP.com – Pabrikan mobil Jepang Toyota dan Mazda dikabarkan akan menjalin kemitraan dalam bidang teknologi, khususnya yang menyangkut masalah penghematan bahan bakar dan pengembangan fitur keamanan.

    Rincian mengenai kesepakatan kerjasama tersebut sampai saat ini masih belum tertulis diatas kertas. Namun laporan yang muncul pekan ini mengklaim bahwa Toyota telah berencana untuk membagi detail teknologi hybrid miliknya dengan Mazda. Sebagai gantinya Toyota akan mendapatkan akses untuk menggunakan mesin diesel serta bensin SkyActiv ultra efisien milik Mazda.

    Kesepakatan semacam itu jika terealisasi jelas akan bisa menghemat biaya produksi yang signifikan bagi kedua pabrikan mobil Jepang itu. Mazda tak perlu lagi menempuh prosedur yang mahal dalam merancang sel bahan bakar hidrogen miliknya, sementara Toyota akan mampu menggantikan mesin bensin kawakan yang selama ini diandalkannya dengan unit baru yang lebih mutakhir.

    Bagimanapun juga, kabar ini masih belum terkonfirmasi sepenuhnya. Namun saat ini sebuah komite resmi telah dibentuk untuk “mengevaluasi cara terbaik dalam memanfaatkan kekuatan dari masing-masing perusahaan”.

    “Seperti yang dibuktikan oleh Teknologi SKYACTIV dan bahasa desain KODO – Soul of Motion, Mazda telah membuktikan bahwa mereka selalu berpikir tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk kendaraan dan teknologi, namun masih tetap setia pada pakem dasar pembuatan mobilnya”, kata Presiden Toyota, Akio Toyoda saat menandatangi kesepakatan dengan Mazda.

    Menurut Mazda, komite ini akan “mendorong kolaborasi yang sifatnya luas dan bermakna di berbagai bidang”, termasuk dalam hal teknologi keamanan yang canggih. Diperkirakan informasi lebih lanjut mengenai kesepakatan ini akan muncul dalam beberapa bulan mendatang.

    KOMENTAR