Akhirnya Indonesia Siap Gelar MotoGP 2017!! Peluangnya Besar

    Akhirnya Indonesia Siap Gelar MotoGP 2017!! Peluangnya Besar

    SHARE

    MotoGPMESINBALAP.com – Akhirnya rasa dahaga pecinta MotoGP di tanah air akan segera terobati. Indonesia dipastikan mendapat peluang besar untuk menggelar MotoGP pada tahun 2017 nanti.

    Kabar ini bukan isapan jempol belaka. Pasalnya ada angin yang sangat segar setelah CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata, bertandang ke Indonesia hari ini untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya dan bos Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto.

    Sirkuit Sentul Bogor kemungkinan besar akan menjadi kandidat utama sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 2017 mendatang. Tentu saja Sentul akan dirombak habis-habisan guna memenuhi standarisasi sirkuit MotoGP yang sesuai dengan regulasi Dorna maupun FIM.

    “Pengembangan MotoGP di Indonesia sangat penting. Bukan cuma untuk pembalap, melainkan juga pabrikan motor. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan Indonesia,” ucap Eyang Ezpelata di Gedung Sapta Pesona pada Rabu 20 Mei kemarin.

    Sekarang tinggal bagaimana pemerintah kita merespon kabar ini, tetap diam atau segera bertindak cepat? “Kami berharap pemerintah bisa segera menindaklanjuti hal ini. Namun, kami sudah berjanji akan bekerja keras sehingga hal ini terealisasi”, lanjut CEO Dorna itu yang ditemani Javier Alonso.

    Pasalnya dengan basis fans MotoGP yang sangat besar di tanah air tentu ada potensi keuntungan yang sangat besar di sana, jika dilihat dari sisi bisnis. Namun dari segi hiburan, MotoGP jauh lebih laku ketimbang F1 di tanah air, itu fakta!

    CEO Dorna, Carmelo Ezpelata dan Javier Alonso bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya saat rapat di Jakarta, Rabu kemarin.
    CEO Dorna, Carmelo Ezpelata dan Javier Alonso bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya saat rapat di Jakarta, Rabu kemarin.

    “Menurut perhitungan sementara, dalam empat hari berlangsungnya MotoGP akan ada pengeluaran sekitar 91,73 juta dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun”, kata Menteri Pariwisata Arief Yahya yang menilai akan adanya potensi keuntungan besar jika MotoGP digelar di tanah air.

    Menteri Pariwisata pun berharap kerja sama dari pemerintah agar MotoGP bisa kembali digelar di tanah air. Dan setelah itu pemerintah RI diharapkan sudah menandatangani kesepakatan tertulis dengan Dorna Sports dalam waktu tiga bulan, sambil menantikan Sentul dirombak besar-besaran.

    “Jika Sentul sudah menjadi grade A, semua kejuaraan internasional bisa digelar di sini”, sahut Tinton Soeprapto selaku Direktur Sirkuit Sentul yang berjanji akan segera akan mencanangkan program-program guna merombak sirkuit Sentul.

    Valentino Rossi

    Sirkuit Sentul dulunya sudah pernah menggelar MotoGP pada tahun 1996 dan 1997, saat itu Mick Doohan jadi juara di kelas GP500cc.

    Begitu pula dengan Valentino Rossi yang juga pernah mampir di Sentul pada tahun 1996 saat dirinya masih main di kelas 125cc dan finis di posisi 11. Setahun berikutnya Rossi jadi jawara di Sentul pada 1997.

    KOMENTAR