GM Pangkas Harga Puluhan Model di China

    GM Pangkas Harga Puluhan Model di China

    SHARE

    GM ChinaMESINBALAP.com – Penjualan yang lesu di China memaksa General Motors untuk ganti strategi. Taktik dongkrak sales yang kini dipakai oleh produsen mobil asal Amerika Serikat tersebut tidak lain adalah pemangkasan harga terhadap puluhan modelnya. Setidaknya sebanyak 40 model GM di pasar China akan medapatkan potongan ini.

    Gm dan mitra lokalnya, SAIC Motor Corporation, telah merundingkan keputusan ini sebelumnya dan keduanya telah setuju untuk menebang harga demi menggaet pembeli.

    Tiga merek utama yang akan terkena efek dari kebijakan ini adalah Chevrolet, Buick dan Cadillac; dengan total diskon untuk 40 model mencapai 53.900 yuan atau setara dengan Rp 113,5 juta.

    Pada April lalu, GM dan Wuling Motors – yang juga merupakan mitra lokalnya – harus menghadapi hasil yang bertubi-tubi tak memuaskan, hasil penjualan untuk ketiga merek andalan mereka gembos semua. Untuk wuling berkurang 5,1 persen, Chevrolet menurun 5,6 persen, sedangkan Buick merosot 8,5 persen.

    Perekonomian di China yang lelet turut menghambat perkembangan pemain baru dalam industri otomotif di negeri tersebut. Alhasil berbagai brand asing yang ikut nimbrung disana jadi kena imbasnya, persaingan makin memanas, dengan masing-masing automaker menggunakan model SUV sebagai amunisi andalannya.

    Sebetulnya GM dkk bukanlah satu-satunya pihak yang terpaksa harus pakai taktik diskon untuk bertahan, namun ada pula dari kompetitornya seperti Volkswagen yang juga kurang mujur nasibnya di China, sehingga harus potong harga supaya mobilnya bisa menggelinding ke konsumen.

    KOMENTAR