Tahta Skutik Premium Kini Dipegang Yamaha NMAX

    Tahta Skutik Premium Kini Dipegang Yamaha NMAX

    SHARE
    Yamaha NMAX 150
    Yamaha NMAX 150

    MESINBALAP.com – Hasil dari penjualan selama tiga bulan pertama di Indonesia – sejak Februari hingga April 2015 – sudah cukup untuk mengangkat Yamaha NMAX menjadi sosok bintang baru di segmen skutik premium 150cc.

    Setidaknya sebanyak 7.664 unit NMAX hasil rakitan pabrik Yamaha di Pulo Gadung telah terjual di seluruh penjuru tanah air. Grafik penjualan per bulan juga masih terus naik; mulai dari Februari yang mencapai 1.916 unit, disusul Maret yang meningkat hingga 2.449 unit, dan pada April lalu menyentuh angka 3.299 unit.

    Dibawah NMAX ada Honda PCX yang diimpor dari Thailand dan masuk kategori CBU. Berdasarkan data dari AISI, secara keseluruhan skutik tersebut hanya menjual sebanyak 1.466 unit dengan rincian: Februai 623 unit, Maret 392 unit, dan April 451 unit. Berbeda dengan NMAX, skutik asal Thiland ini malah menunjukkan tren yang menurun.

    Suzuki ingin ikut nimbrung di segmen premium dengan Burgman yang bermesin 200cc. Skutik gambot ini juga merupakan barang impor dari Thiland. Hadir dengan kapasitas mesin yang lebih besar, namun penjualannya masih menjadi yang paling kecil, yakni hanya 308 unit saja. Sehingga kuotanya pun juga masih dibatasi.

    Sekarang beralih ke Honda, yang ketinggalan di segmen skutik premium 150cc, namun unggul di segmen yang berbeda dengan Vario 150. Pada awalnya motor ini hanya tersedia dengan mesin tertinggi 125cc, tapi tahun ini Honda telah menghadirkan varian 150cc, yang pada akhirnya berhasil membentuk sebuah pasar baru tanpa pesaing.

    Selama empat bulan pertama 2015, Vario 150 telah laku terjual sebanyak 159.967 unit, ini menunjukkan keahlian Honda dalam memainkan taktik membentuk pasar.

    KOMENTAR