BMW 3.0 CSL Hommage Membangkitkan Kembali Desain Bimmer Tahun 70-an

    BMW 3.0 CSL Hommage Membangkitkan Kembali Desain Bimmer Tahun 70-an

    SHARE

    BMW 3.0 CSL Hommage Concept06MESINBALAP.com – Minggu lalu BMW mengejutkan media dengan sebuah teaser dari konsep baru 3.0 CSL Hommage yang dimunculkan sebelum debutnya di ajang kompetisi mobil klasik elegan, Concorso d’Eleganza Villa d’Este. Sekilas pandang, desainnya tampak sangat menjanjikan dan sekarang produsen mobil asal Jerman tersebut telah mengungkap wujud Hommage secara penuh.

    “Mobil-mobil Hommage kami tidak hanya mendemonstrasikan betapa bangganya kami terhadap warisan kami, tetapi juga betapa pentingnya masa lalu dalam menentukan masa depan kami,” kata Adrian van Hooydonk, senior Wakil Presiden BMW Group Design.

    Sementara 3.0 CSL Hommage ini diciptakan untuk membangkitkan kembali desain ikonis coupe BMW tahun 70-an, rasanya cukup sulit untuk menyebut konsep itu sebagai sebuah kesuksesan, sebab mengintegrasikan styling masa depan dengan karakteristik mobil dari era puluhan tahun yang lalu bukanlah pekerjaan yang mudah.

    Dilihat dari beberapa sisi tertentu, konsep Hommage mengisyaratkan dengan jelas adanya warisan dari masa lalu. Sementara itu wajah depannya yang modern tampak mengadopsi milik i8. Secara teori, mencampurkan kedua styling ini akan melahirkan wujud yang menakjubkan, tapi pada kenyataannya malah menghasilkan tampilan yang agak aneh.

    Terlepas dari semua itu, jika diperhatikan dengan seksama, dua pertiga bagian belakang dari konsep tonggos ini mempunyai bentuk yang ramping dan sangat bergaya. Sedangkan interior mobil dilengkapi dengan setir ala F1 dan kursi sport ramping berlapiskan kulit yang dijahit.

    BMW 3.0 CSL Hommage Concept01

    Elemen lain dari desainnya meliputi lampu depan yang terinspirasi dari BMW 7 Series 2016, lengkungan roda depan dan belakang yang tampak merekah, serta spoiler di atap dan bagasi yang menyerupai eksterior 3.0 CSL klasik. Untuk body-nya sendiri terbuat dari plastik yang diperkuat oleh serat karbon, sehingga bobotnya menjadi 200kg lebih ringan dari 3.0 CSL versi original.

    Satu hal saat ini yang masih jadi pertanyaan adalah menyangkut kap, keberadaan fender yang tumpang tindih diatasnya telah menambahkan sedikit kesan glamour, namun sepertinya mustahil untuk bisa membuka kap tersebut. Mungkin ini menjelaskan mengapa BMW tak merilis informasi apapun mengenai mesin yang tersimpan dibawahnya.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR