Audi dan Baidu Jalin Kerjasama di Bidang Konektivitas

    Audi dan Baidu Jalin Kerjasama di Bidang Konektivitas

    SHARE
    Audi R8 e-tron
    Audi R8 e-tron

    MESINBALAP.com – Audi, anak perusahaan dari Volkswagen, kini sedang meningkatkan permainannya di China dengan menjalin kemitraan bersama raksasa internet di negeri tirai bambu yakni Baidu Inc, demi meningkatkan layanan koneksi mobilnya bagi para pelanggan disana.

    Menurut Reuters, Audi mengatakan bahwa tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk mengembangkan algoritma posisi, data navigasi peta, serta berbagai fungsi utama layanan kendaraan yang terkoneksi.

    Publikasi mengungkap lebih lanjut bahwa kedua perusahaan itu telah menyepakati nota kesepahaman sejak awal Januari lalu dan akan mengeluarkan statement tertulis mengenai kesepakatan ini pada event Consumer Electronics Show yang akan digelar di Shanghai pada 25-27 Mei.

    Dengan adanya kolaborasi ini, Audi juga berencana untuk memperluas layanan integrasi antara smartphone dengan mobil buatannya. Hal itu dilakukan dengan mengandalkan Baidu CarLife system, sebuah layanan koneksitas yang mirip seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

    Perusahaan juga akan menyediakan transmisi data berkecepatan tinggi dengan mengembangkan modul LTE khusus China bersama Huawei. Laporan Telecompaper menyebutkan bahwa modul tersebut juga akan dipakai di pasar Asia lainnya seperti Jepang dan Korea.

    Saat ini penyedia layanan internet terkemuka dan pabrikan mobil di China bisa dibilang sedang berlomba-lomba untuk mengikuti langkah Google dan Apple dalam memperkenalkan teknologi mutakhir dalam Industri otomotif seperti fitur autopilot dan asisten kemudi.

    Sejumlah mobil canggih bahkan dapat dimodifikasi melalui update software OTA (over-the-air), seperti pada smartphone. Jadi tak perlu lagi pergi ke dealer untuk melakukan alterasi. Proses update semacam ini sekarang sudah jadi hal biasa bagi beberapa pabrikan mobil seperti Tesla Motors dan BMW.

    KOMENTAR